PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA AKU BANGGA DENGAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU (Penelitian Tindakan Kelas Subtema Aku Bangga Dengan Daerah Tempat Tinggalku pada Kelas IV A Semester Dua SDN 086 Cimincrang Kota Bandung Tahun pelajaran 2016/2017)

TARMIZI, 135060002 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA AKU BANGGA DENGAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU (Penelitian Tindakan Kelas Subtema Aku Bangga Dengan Daerah Tempat Tinggalku pada Kelas IV A Semester Dua SDN 086 Cimincrang Kota Bandung Tahun pelajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover sip.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 bahasa fix.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Acc.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Acc.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Acc.pdf

Download (799kB) | Preview
[img] Text
BAB IV Acc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V acc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penggunaan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Aku Bangga Dengan Daerah Tempat Tinggalku” dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV A SDN Cimincrang. Hal ini dikarenakan masih kurangnya keterampilan pendidik dalam memilih model, metode dan strategi yang dari waktu ke waktu tidak berkembang Sehingga siswa kurang aktif dan hasil belajar pun kurang maksimal. Oleh Karena itu diperlukan sebuah pendekatan yang dapat memberikan peningkatan hasil belajar siswa, salah satunya model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan hasil belajar siswa melalui penerapan model PBL pada subtema aku bangga dengan daerah tempat tinggalku. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Arikunto dengan tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tindakan diantaranya perencanaan, pelaksanaanm pengamatan, dan refleksi. Dalam hal ini untuk membangun sikap peduli lingkungan dan meningkatkan hasil belajar peneliti menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Adapun hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan subjek siswa kelas IV A dengan menggunakan model PBL menghasilkan peningkatan sikap peduli lingkungan dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 68%, siklus II sebesar 79% dan siklus III sebesar 89%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 72 (baik), siklus II sebesar 76 (baik), dan siklus III sebesar 82 (sangat baik) serta peningkatan hasil belajar dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 64%, siklus II sebesar 75% dan siklus III sebesar 93%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 68 (cukup), siklus II sebesar 73 (baik), dan siklus III sebesar 87 (sangat baik). Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan dan hasil belajar siswa pada subtema aku bangga dengan daerah tempat tinggalku. Kata Kunci : Problem Based Learning, Sikap Peduli Lingkungan, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Aug 2017 06:45
Last Modified: 23 Aug 2017 06:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28784

Actions (login required)

View Item View Item