Maya Tri Astuti, 135060072 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SUBTEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SDN Muararajeun Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (638kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (429kB) | Preview |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) |
||
Text
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dalam subtema Makananku Sehat dan Bergizi di kelas IV SD Negeri Muararajeun dengan menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini didasari dari kurangnya nilai hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Hal tersebut disebabkan karena dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan belum memanfaatkan media dan model secara bervariasi, sehingga aktifitas proses pembelajaran siswa hanya mendengar, mencatat dan menghafal sehingga pembelajaran menjadi kurang menyenangkan dan akan membuat siswa merasa bosan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Teknik evaluasi yang digunakan yaitu lembar afektif, ;embar psikomotor, lembar wawancara. Peserta didik SDN Muararajeun Kota Bandung sebanyak 38 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yakni setiap siklus terdiri dari 2 Pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Pretest dan Posttest berupa observasi pengamatan. Teknik analisa yang digunakan yaitu teknik deskriptif dari siklus I Aspek Kognitif 31,82% dengan pencapaian KKM sebanyak 68,18%, afektif, 33,34% dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 66,66%, dan psikomotor 24,87% dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 75,13%. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rerata kelas aspek kognitif sebesar 16,67% dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 83,33%, afektif 18,34% dengan pencapaian nilai KKM 81,66%, psikomotorik 14,72% dengan pencapaian nilai KKM 85,28%. Pada siklus III terjadi peningkatan yang tajam pada nilai rerata kelas aspek kognitif sebesar 2,00% dengan pencapaian nilai KKM 98,00%, afektif sebesar 2,23% dengan pencapaian nilai KKM 97,77%, dan psikomotorik 4,35% dengan pencapaian nilai KKM 95,65%.sikap bekerja sama siswa pada siklus I mencapai rata-rata 69,99%, pada siklus II peningkatan sikap bekerja sama mencapai nilai rata-rata 83,42% dan pada siklus ke III mencapai nilai rata-rata 97,25% pada subtema Makananaku Sehat dan Bergizi dari siklus I ke siklus II sebesar 16,49%. Dari siklus II ke siklus III 13,83%. Dalam hal ini siswa juga menunjukkan sikap positive dalam pembelajaran. Dengan demikian pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu acuan dan alternatif bagu guru melakukan proses pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Discovery Learning, PrestasiBelajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 03:56 |
Last Modified: | 16 Aug 2017 03:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28630 |
Actions (login required)
View Item |