Yossi Dwi Putria, 135060067 (2017) PENERAPAN MODEL KOOPERAIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap siswa Kelas V SDN Muararajeun Kota Bandung Tahun ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT ENGLISH.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (816kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (287kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (714kB) |
||
Text
LANJUTAN BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V kesimpulan dan saran.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe talking stick yang dilatar belakangi oleh motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang kurang. Permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan pembelajaran yang dilakukan yang mengakibatkan kurangnya hasil belajar siswa di bawah KKM 75. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas akan memberikan kesempatan guru menerapkan strategi pembelajaran yang tepat. Subjek tindakan adalah siswa kelas V SDN Muararajeun Bandung yang berjumlah 40 orang. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, tes, dan lembar observasi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, yang setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar yang berdampak langsung pada prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Muararajeun Bandung. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang menunjukkan adanya peningkatan. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat sebanyak 65,75% dari hasil awal 62,5%. Pada siklus II data hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebanyak 76,25%. Dan pada siklus III data hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I, dan II sebanyak 89,25%. Hal ini dikarenakan penerapan model kooperatif tipe talking stick akan membuat peserta didik berani mengemukakan pendapat, aktif dalam belajar, berani tampil di depan kelas, disiplin dalam bertanya dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan. Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat dijadikan suatu alternatif untuk memacu siswa aktif dalam pembelajaran, karena model pembelajaran ini mengutamakan proses keterampilan diri untuk memperoleh suatu pengetahuan dan memiliki tahap-tahap yang melatih kemampuan siswa baik pada ranah kognitif, afektif, maupun psikomotor. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Kooperatif tipe Talking Stick
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 15 Aug 2017 04:46 |
Last Modified: | 15 Aug 2017 04:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28618 |
Actions (login required)
View Item |