PENGARUH FEE BASED INCOME (PENDAPATAN NON BUNGA), BI RATE, DAN NON PERFOMING LOAN (NPL) TERHADAP PROFIT DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA, Tbk CABANG INDRAMAYU (Periode Tahun 2010 Sampai Dengan 2014)

MULYADI, NPM : 148 020 081 (2017) PENGARUH FEE BASED INCOME (PENDAPATAN NON BUNGA), BI RATE, DAN NON PERFOMING LOAN (NPL) TERHADAP PROFIT DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA, Tbk CABANG INDRAMAYU (Periode Tahun 2010 Sampai Dengan 2014). Thesis(S2) thesis, unpas.

[img] Text
Isi Artikel.docx

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh Fee Based Income (Pendapatan non Bunga), BI Rate, dan Non Perfoming Loan (NPL), terhadap Profit (laba) di PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Cabang Indramayu. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu manajemen khususnya manajemen keuangan. Bagi Perusahaan sejenis maupun praktisi, diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan informasi yang berguna tentang pentingnya Fee Based Income (Pendapatan non Bunga), BI Rate, dan Non Perfoming Loan (NPL) dalam upaya meningkatkan Profit (laba). Penelitian dilakukan pada PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Cabang Indramayu di Kabupaten Indramayu. Metode penelitiannya menggunakan metode deskriptif asosiatif dengan menggunakan pendekatan analisis kuantitatif dan data yang diolah dalah data skunder. Untuk menguji hipotesis penelitian dari uji nilai statistik t (Uji-T), nilai statistik F (Uji-F) , dan nilai koefisien determinasi (R^2). Hasil pengujian secara parsial, penelitian dikemukakan adanya hubungan kearah positif yang sangat kuat antara variabel bebas secara parsial Fee Based Income (Pendapatan non Bunga) dengan variabel profit (laba). Hubungan kearah positif yang kuat antara variabel bebas secara parsial BI Rate dengan variabel profit (laba).Serta hubungan yang sangat kuat kearah negatif antara variabel bebas secara parsial Non Perfoming Loan (NPL) Unit dengan variabel profit (laba). Non Perfoming Loan (NPL) pun dibagi 3, yaitu: NPL KUR Mikro, NPL Kupedes, dan NPL Briguna. Adapun hasil penelitian dari ketiga NPL tersebut dan hubungannya terhadap profit (laba) sebangai berikut: 1) Hubungan kearah negatif yang kuat antara variabel bebas secara parsial NPL KUR Mikro dengan variabel laba. 2) Hubungan kearah negatif yang sangat kuat antara variabel bebas secara parsial NPL Kupedes dengan variabel laba. 3) Hubungan kearah negatif yang kuat antara variabel bebas secara parsial NPL Briguna dengan variabel laba. Hasil peneitian secara simultan, dan hasil pengujian koefisien determinasi, dapat dikatakan bahwa Fee Based Income (Pendapatan non Bunga), BI Rate, dan Non Perfoming Loan (NPL) secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap profit (laba) di PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Cabang Indramayu dengan nilai KD sebesar 99,1%. Sedangkan sisanya 0,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati didalam penelitian ini. Kata Kunci: Fee Based Income (Pendapatan non Bunga), BI Rate, Non Perfoming Loan (NPL), KUR Mikro, Kupedes, Briguna, dan profit (laba).

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 12 Aug 2017 03:44
Last Modified: 12 Aug 2017 03:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28595

Actions (login required)

View Item View Item