KAJIAN STILISTIKA BERFOKUS PADA PENGGUNAAN BAHASA KIAS UNTUK MEMAHAMI PESAN PENGARANG DALAM KUMPULAN PUISI HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO Sebagai Alternatif Penggunaan Bahan Ajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas X

IRFAN HARDIAN, NPM : 148090016 (2017) KAJIAN STILISTIKA BERFOKUS PADA PENGGUNAAN BAHASA KIAS UNTUK MEMAHAMI PESAN PENGARANG DALAM KUMPULAN PUISI HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO Sebagai Alternatif Penggunaan Bahan Ajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas X. Thesis(S2) thesis, unpas.

[img] Text
COVER ARTIKEL.rtf

Download (287kB)
[img] Text
ABSTRAK.rtf

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.rtf

Download (94kB)
[img] Text
ISI ARTIKEL.rtf

Download (94kB)

Abstract

Hardian, Irfan. 2017. Kajian Stilistika Berfokus Pada Penggunaan Bahasa Kias untuk Memahami Pesan Pengarang dalam Kumpulan Puisi Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing: (I) H. Bana G. Kartasasmita, Ph. D., (II) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd. Kajian terhadap teks sastra yang bertujuan untuk memahami karya sastra secara menyeluruh sekarang ini semakin berkembang dengan berbagai macam pendekatannya. Stilistika adalah ilmu pemanfaatan bahasa dalam karya sastra. Penggunaan gaya bahasa secara khusus dalam karya sastra yang diciptakan sendiri oleh pengarang. Oleh sebab itu, tujuan analisis puisi ini adalah mendeskripsikan bahasa dan pembentukan kata dengan aplikasi kajian stilistika hal itu dilakukan seiring dengan pesatnya perkembangan karya sastra dalam kehidupan masyarakat namun tentu saja tidak semua jenis karya sastra yang dapat dijadikan materi pembelajaran, demikian juga halnya terhadap puisi. Penetapan puisi sebagai bahan ajar tentunya harus memiliki pertimbangan-pertimbangan khusus yang berakhir kepada pertanyaan layak atau tidaknya puisi tersebut dijadikan bahan ajar. Pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan adanya proses pengkajian dan penelitian. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui karakteristik kumpulan puisi Hujan Bulan Juni melalui pendeskripsian penggunaan bahasa kias untuk mengetahui pesan pengarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif-anatiltis, artinya setiap data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis. Data kualitatif diperoleh dari hasil kajian terhadap penggunaan bahasa kias, lima belas puisi Hujan Bulan Juni mempunyai karakteristik yang berbeda, secara keseluruhan bahasa kias yang digunakan yaitu perbandingan (metafora dan personifikasi), pertentangan (oksimoron, klimaks, dan litotes), pertautan (sinekdoke dan erostetis), perulangan jenis majas repetisi dan ungkapan namun terdapat bahasa kias yang dominan dipakai oleh penyair yaitu penggunaan bahasa kias jenis personifikasi. Sedangkan pesan pengarang dalam lima belas puisi tersebut berkaitan dengan kehidupan sosial manusia yaitu ada yang bertemakan cinta, kerinduan, kesedihan, hingga yang bertemakan kematian. Selanjutnya berdasarkan hasil kajian penggunaan bahasa kias untuk mengetahui pesan pengarang, pedoman kriteria penggunaan bahan ajar dan pemikiran guru matapelajaran bahasa indonesia, maka kumpulan puisi Hujan Bulan Juni dapat digunakan sebagai materi atau bahan ajar karena mengandung nilai-nilai yang baik berdasarkan hasil analisis. Kata Kunci: Kajian Stilistika, Bahasa Kias, Puisi, Bahan Ajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 05 Aug 2017 06:58
Last Modified: 05 Aug 2017 06:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28467

Actions (login required)

View Item View Item