RANCANGAN MANAJEMEN IMPLEMENTASI STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL (SPO) KEPERAWATAN DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RSIA LIMIJATI BANDUNG

YULIA REVIANI CHARLOT BANGKELING, NRM: 158 020 005 (2017) RANCANGAN MANAJEMEN IMPLEMENTASI STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL (SPO) KEPERAWATAN DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RSIA LIMIJATI BANDUNG. Thesis(S2) thesis, Unpas.

[img]
Preview
Text
1.COVER Rancangan Manajemen Implementasi SPO.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.BAB I,II,III.pdf

Download (652kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi standar prosedur operasional serta faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam implementasi Standar Prosedur Operasional (SPO) keperawatan di RSIA Limijati Bandung. Hasil penelitian ini adalah sebuah rancangan manajemen yang diharapkan dapat memberikan sumbangan dalam aspek keilmuan yaitu untuk pengembangan ilmu manajemen khususnya manajemen sumber daya manusia di Rumah Sakit dan dapat diterapkan dalam mengimplementasikan Standar Prosedur Operasional. Penelitian dilakukan di ruangan rawat inap RSIA Limijati. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan pada studi kasus. Tehnik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan) yaitu dengan melakukan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Standar Prosedur Operasional keperawatan di RSIA Limijati tidak berjalan dengan baik karena ada faktor yang menjadi penghambat dalam pengimplementasiannya yaitu proses pembuatan SPO, proses sosialisasi yang tidak berjalan dengan baik dan juga kurangnya fungsi pengawasan dari Supervisor unit. Sehingga diperlukan sebuah rancangan manajemen yang dapat diterapkan agar proses implementasi SPO dapat berjalan dengan baik sehingga diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan keperawatan. Rancangan manajemen ini dimulai dari pembuatan rancangan pembentukan tim SPO yang bertugas untuk memastikan agar Standar Prosedur Operasional keperawatan tersebut dapat berjalan dengan baik. Selain itu tim ini juga akan melakukan audit terhadap implementasi Standar Prosedur Operasional keperawatan dan melakukan pengawasan/observasi secara rutin mengenai pengimplementasian Standar Prosedur Operasional keperawatan di unit rawat inap, pembuatan formulir audit, formulir observasi, pembuatan alur ujicoba SPO, alur distribusi dan alur sosialisasi SPO. Pembuatan rancangan alur implementasi SPO keperawatan yang menggambarkan proses dari semua yang terlibat dalam pengimplementasian SPO keperawatan di RSIA Limijati dari mulai pembuatan spo sampai dengan evaluasi dan monitoring SPO tersebut. Kata Kunci: Rancangan Manajemen, Implementasi Standar Prosedur Operasional, Mutu Pelayanan Keperawatan.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 14 Jul 2017 03:39
Last Modified: 14 Jul 2017 03:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28323

Actions (login required)

View Item View Item