PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKA KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KREATIF BELAJAR MATEMATIKA SISWA DAN DAMPANNYA TERHADAP TINGKAT KECEMASAN SISWA

Masykur Febianto, NPM : 158060021 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKA KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KREATIF BELAJAR MATEMATIKA SISWA DAN DAMPANNYA TERHADAP TINGKAT KECEMASAN SISWA. Thesis(S2) thesis, unpas.

[img] Text
Artikel Masykur.docx

Download (36kB)

Abstract

Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berfikir kreatif dan berfikir kritis matematik siswa serta tingginya tingkat kecemasan matematik siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), sehingga diperlukan metode pembelajaran untuk mengatasi masalah tersebut. Metode yang dterapkan adalah Metode Mind Mapping, dikarenakan dengan metode pembelajaran model Mind Mapping kemampuan berfikir kritis dan reatif matematk siswa lebih baik dibandingakan dengan metode pembelajaran konvensional, dan dampaknya terhadap kecemasan matematik siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengatahui apakah model pembelajaran Mind Mapping dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan kreatif belajar matematik siswa dan dampaknya terhadap tingkat kecemasan siswa lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian inimerupakan kuasai eksperimen berbentuk kelompok kontrol pretes-postes, dengan perlakuan motode model kooperatif mind mapping dan pembelajaran konvensional (biasa). Pengumpulan data berupa tes uraian sebanyak 6 soal, untuk mengetahui skor kemampuan berfikir kritis dan kreatif serta angket kecemasan siswa, skor kemampuan berfikir kritis dan kreatif matematika siswa dianalisis dengan mengunakan uji perbedaan dua rerata, uji korelasi dan regresi serta uji Mann-Whitney U untuk mengetahui tingkat kecemasan siswa. Kesimpulannya bahwa peningkatan kemampuan berfikir kritis dan kreatif matematika yang pembelajarannya menggunakan metode mind mapping lebih baik dari pada siswa yang menggunakan konvensional dan terdapat tingkat kecemasan matematik siswa SMP. Kata Kunci : Berfikir Kritis, Berfikir Kreatif, Kecemasan, Mind Mapping

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 17 Jun 2017 02:48
Last Modified: 17 Jun 2017 04:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28240

Actions (login required)

View Item View Item