HUBUNGAN KONSEP DIRI ANAK TUNAGRAHITA DENGAN KEMANDIRIANNYA DI SLB-C SUKAPURA KOTA BANDUNG

BASTEN VAN BARUS, 112020036 (2017) HUBUNGAN KONSEP DIRI ANAK TUNAGRAHITA DENGAN KEMANDIRIANNYA DI SLB-C SUKAPURA KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
COVER BASTEN.docx

Download (22kB)
[img] Text
ABSTRAK 3.BAHASA BASTEN.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB I dan BAB 2.docx

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img]
Preview
Image
IMG_20170616_101712.jpg

Download (940kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai tentang hubungan konsep diri anak tunagrahita dengan kemandiriannya di SLB-C Sukapura Kota Bandung. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep diri anak tunagrahita di SLB-C Sukapura Kota Bandung. Untuk mendeskripsikan kemandirian anak tuna grahita di SLB-C Sukapura Kota Bandung. Untuk mendeskripsikan hubungan konsep diri anak tunagrahita dengan kemandiriannya di SLB-C Sukapura Kota Bandung. Hipotesis yang diajukan yaitu terdapat hubungan konsep diri anak tunagrahita dengan kemandiriannya di SLB-C Sukapura Kota Bandung. Terdapat beberapa hal positif dari SLB-C Sukapura Kota Bandung, antara lain SLB-C merupakan tempat bernaung dan bermain bagi anak-anak tunagrahita maupun remaja yang dimana mereka mendapatkan bimbingan dalam bidang pendidikan dan pembinaan maupun dalam pembentukan karakter dan penyesuaian diri di masyarakat, dan merupakan suatu lingkungan theurapeutic bagi anak-anak serta remaja tunagrahita yang membutuhkan. Metode yang digunakan ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskripsi analisis, teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah studi dokumen, studi kepustakaan serta studi lapangan yang terdiri dari observasi non partisipan dan angket. Responden dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita yang berusia dibawah 18 tahun di SLB-C Sukapura Kota Bandung, dengan jumlah populasi 35 dan responden yang diambil sebanyak 35 anak tunagrahita (siswa) keseluruhan dengan mengunakan metode sensus. Katagori yang diambil keseluruhan anak tunagrahita yang berada di SLB-C Sukapura Kota Bandung dengan total 35 responden. Teknik penggunaan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik probability sampling dengan tipe teknik simple random sampling. Hubungan konsep diri anak tunagrahita dengan kemandiriannya di SLB-C Sukapura Kota Bandung, menunjukkan korelasi yang erat dan searah, sehingga dapat dikatakan apabila konsep diri anak tunagrahita baik maka akan terbentuk kemandiriannya yang baik pula. Hasil penelitian ini menunjukkan korelasi yang erat dan searah, sehingga dapat dikatakan apa bila konsep diri anak tunagrahita meningkat maka akan meningkat pula kemandiriannya dengan baik. Kesimpulan yang dapat ditarik pada penelitian ini adalah terdapat hubungan konsep diri anak anak tunagrahita dengan kemandiriannya di SLB-C Sukapura Kota Bandung, sehingga dapat dikatakan apa bila konsep diri anak tunagrahita baik maka terbentuk kemandiriannya yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 16 Jun 2017 03:21
Last Modified: 16 Jun 2017 03:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28150

Actions (login required)

View Item View Item