Perangkat Lunak untuk Layanan Warga Berbasis Android di Lingkungan Rukun Warga Menggunakan Konsep M-Government (Studi Kasus RW 10 Kelurahan Sukabungah Kota Bandung)

ANDRI NURUL AKBAR, 123040059 and Ayi Purbasari, DS and Wanda Gusdya, DS (2017) Perangkat Lunak untuk Layanan Warga Berbasis Android di Lingkungan Rukun Warga Menggunakan Konsep M-Government (Studi Kasus RW 10 Kelurahan Sukabungah Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
123040059_ABSTRAK_20162.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123040059_BAB1_20162.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123040059_BAB1_20162.pdf

Download (147kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Rukun Warga adalah Lembaga Kemasyarakatan mitra kerja pemerintah kelurahan yang dibentuk dari, oleh dan untuk masyarakat setempat berdasarkan musyawarah mufakat. Rukun Warga (RW) mempunyai tugas yaitu membantu Pemerintahan Kelurahan dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan. Rukun warga memiliki kegiatan yang harus dilakukan yaitu melakukan pelayanan terhadap masyarakat didalam Rukun Warga tersebut sehingga masyarakat merasa nyaman dan merasa terlayani dengan baik. E-Government merupakan penggunaan teknologi digital untuk mentransformasi kegiatankegiatan pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi penyampaian layanan kepada masyarakat. Konsep dasar dari e-government yakni bagaimana memberikan pelayanan pemerintahan melalui media elektronik, seperti melalui media internet, jaringan telepon atau seluler, komputer, serta multimedia. Mobile Government atau yang lebih dikenal dengan singkatan m-government merupakan penerapan e-government dengan menggunakan perangkat bergerak (mobile) sebagai media pendukung untuk melayani masyarakat dalam melakukan layanan pemerintahan. M-Government bertujuan untuk memudahkan pemberian layanan kepada masyarakat sehingga masyarkat dapat menerima pelayanan yang diberikan dimanapun dan kapanpun. Dalam penerapan m-government dapat menggunakan beberapa jenis smartphone termasuk smartphone android. Di Indonesia jenis smartphone tersebut memang sudah umum digunakan untuk kebutuhan sehari hari. Penelitian ini dilakukan membantu kegiatan layanan yang ada di Rukun Warga dengan membangun perangkat lunak berbasis android sehingga masyarakat yang berada di lingkungan Rukun Warga dapat melakukan layanan dimana saja dan kapan saja. Pada pembangunan perangkat lunak tersebut juga digunakan konsep m-government sebagai kerangka untuk membantu pembangunan perangkat lunak tersebut sehingga perangkat lunak yang dihasilkan mempunyai standarisasi sebagai perangkat lunak yang layak digunakan dilingkungan pemerintahan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah suatu perangkat lunak berbasis android yang memiliki standarisasi sebagai perangkat yang layak digunakan dilingkungan pemerintahan. Perangkat lunak ini dapat dimanfaatkan untuk memudahkan warga dalam melakukan layanan yang disediakan oleh Rukun Warga (RW). Kata Kunci : Rukun Warga, E-Government, M-Government, Android, Perangkat Lunak Layanan Warga

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 16 Jun 2017 01:29
Last Modified: 16 Jun 2017 01:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28135

Actions (login required)

View Item View Item