FENOMENA BERITA HOAX MEDIA SOSIAL (FACEBOOK) DALAM MENGHADAPI PEMILIHAN UMUM GUBERNUR DKI JAKARTA TAHUN 2017

Budi Mansyah, 152050482 (2017) FENOMENA BERITA HOAX MEDIA SOSIAL (FACEBOOK) DALAM MENGHADAPI PEMILIHAN UMUM GUBERNUR DKI JAKARTA TAHUN 2017. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
COVER Jadi.docx

Download (118kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA jadi.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I jadi.docx

Download (88kB)
[img] Text
BAB II jadi.docx

Download (91kB)
[img]
Preview
Image
IMG20170615131851.jpg

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Fenomena Berita Hoax Sosial Media Facebook Dalam Menghadapi Pemilihan Umum Gubernur DKI Jakarta”.Penelitian ini difokuskan untuk memahami fenomena berita hoax di media sosial facebook menjelang pemilihan umum gubernur DKI Jakarta 2017 . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Bagaimana Pemaknaan Bentuk dan Saluran, apa saja Motif dari penyebaran berita hoax dan Interaksi Sosial Fenomena berita hoax sosial media (Facebook) dalam menghadapi pemilihan umum gubernur DKI Jakarta Metode penelitian adalah penelitian kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori fenomenologi oleh Schulz. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Pengamatan berprasentra, wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, para pengguna facebook memaknai berita hoax media sosial menjelang pemilu DKI Jakarta meresahkan dan harus segera ditindak oleh pemerintah sebagai pemangku regulasi. Dalam penyebaran berita hoax memiliki motif yaitu motif politik dan uang. Pasalnya dalam konteks kekuasaan, penyebaran berita hoax ditujukan untuk memengaruhi orang sekalipun informasi yang diberikan tidak benar menciptakan stigma seolah-olah beritanya benar. Interaksi sama sekali tidak terpengaruh dengan adanya berita hoax, namun merasa terganggu, sebab dikwatirkan akan mempengaruhi keputusan dalam memilih calon gubernur bagi masyarkat yang belum mengetahui pasti tentang kebenaran suatu berita tersebut. Telah terjadi peningkatan interaksi di media sosial facebook menjelang kampanye pemilihan umum gubernur Jakarta. Setelah melakukan penelitian tentang fenomena berita hoax menjelang pilkada Jakarta, peneliti menyarankan Informasi yang datang melalui media apa pun, sebaiknya langsung di tanyakan pada pihak yang mengetahui betul persoalannya. Pastikan juga berita yang kamu selidiki tersebut sudah dimuat di kantor-kantor berita besar, bukan blog pribadi atau forum bebas yang tidak jelas kredibilitasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 15 Jun 2017 07:07
Last Modified: 15 Jun 2017 07:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28111

Actions (login required)

View Item View Item