PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN, KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATANCONTEXSTUAL TEACHING LEARNING DAN KECEMASAN BELAJAR MATEMATIS SISWA

DEDE RISMAYANTI, NPM.158060003 (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN, KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATANCONTEXSTUAL TEACHING LEARNING DAN KECEMASAN BELAJAR MATEMATIS SISWA. Thesis(S2) thesis, unpas.

[img] Text
Artikel Dede Rismayanti 158060003.docx

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Metode Campuran (Mixed Method) tipe penyisipan (Embedded Design). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Bakti Nusantara 666 Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 6 kelas dengan sampel kelas VII E sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning dan kelas VII B sebagai kelas control dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini soal tes kemampuan pemahaman dan komunikas matematis peserta didik.Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Instrumen penelitian meliputi tes pemahamn matematis dan kemampuan komunikasi matematis, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan pendekatan Cotextual Teaching Learning lebih baik dibandingkan kemampuan pemahaman siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, 2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan Cotextual Teaching Learning lebih baik dibandingkan kemampuan pemahaman siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, 3) pembelajaran melalui pendekatan contextual teaching learning tidak dapat mengurangi kecemasan matematis siswa daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, 4) tidak terdapat hubungan antara kemampuan pemahaman matematis dan kecemasan matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui pendekatan contextual teaching learning, 5) tidak terdapat hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dan kecemasan matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui pendekatan contextual teaching learning 6) terdapat hubungan antara kemampuan pemahaman matematis dan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui pendekatan contextual teaching learning. Kata kunci: Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Pemahaman Matematis, Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 15 Jun 2017 04:53
Last Modified: 15 Jun 2017 04:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28088

Actions (login required)

View Item View Item