ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KEGAGALAN PERSIB MELAWAN PUSAMANIA BORNEO FC DI LEG KE 2 DI MEDIA ONLINE Pikiran-rakyat.com DAN Bobotoh.id

Bintang Bilfaqih, 132050208 (2017) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KEGAGALAN PERSIB MELAWAN PUSAMANIA BORNEO FC DI LEG KE 2 DI MEDIA ONLINE Pikiran-rakyat.com DAN Bobotoh.id. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
COVER.docx

Download (59kB)
[img] Text
ABSTRACT.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (29kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (19kB)
[img]
Preview
Image
S__13426708.jpg

Download (249kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KEGAGALAN PERSIB MELAWAN PUSAMANIA BORNEO FC PADA LEG KE-2 DI MEDIA ONLINE Pikiran-rakyat.com DAN Bobotoh.id”. Kedua media online ini membahas berita yang sama tetapi berbeda sudut pandang. Dengan adanya perbedaan sudut pandang ini, penulis tertarik dan menjadikan berita ini sebagai bahan penelitian dengan menggunakan analisis framing. Tujuan penelitian analisis teks media dengan menggunakan perangkat framing terhadap pemberitaan Kegagalan Persib Melawan Pusamania Borneo FC di leg ke-2 di Media Online Pikiran-rakyat.com dan Bobotoh.id ini untuk mengetahui bagaimana kedua media online tersebut mengemas pemberitaan kegagalan Persib melawan Pusamania Borneo FC di leg ke-2, juga untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan struktur wacana framing (sintaksis, skrip, tematik, retoris) dalam pemberitaan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pengkajian analisis framing. Dengan jenis penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang membahas konsep-konsep teoritik dalam berbagai kelebihan dan kekurangan. Jenis penelitian kualitatif yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian Kualitatif deskriptif yaitu penelitian untuk memecahkan masalah berdasarkan data-data yang ada, dengan cara menyajikan, menganalisis dan menginterpretasikan data. Hasil analisis dan diskusi tentang framing berita yang dilakukan oleh Pikiran-rakyat.com danbobotoh.id dalam pemberitaan tentang gagalnya Persib melaju ke final piala Presiden 2017, dapat ditarik kesimpulan sebagai struktur sintaksis dalam framing pemberitaan yang dilakukan media online pikiranrakyat.comdan bobotoh.id dengan cara pemilihan sumber berita dan pemilihan kutipan dari sumber berita (narasumber). Pada pemberitaan tersebut, media online pikiranrakyat.com hipotesis wartawannya didukung dengan pernyataan-pernyataan dari narasumber yang kompeten, sedangkan pada media online bobotoh.id banyak menggunakan opini penulis tanpa didasari oleh pernyataan dari narasumber yang jelas.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 13 Jun 2017 07:03
Last Modified: 13 Jun 2017 07:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27986

Actions (login required)

View Item View Item