MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBERIAN KOMENTAR GURU PADA HASIL PEKERJAAN RUMAH (PR)

Ani Hartini, NPM : 148060042 (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBERIAN KOMENTAR GURU PADA HASIL PEKERJAAN RUMAH (PR). Thesis(S2) thesis, unpas.

[img] Text
ANI HARTINI.docx

Download (33kB)
[img] Text
ANI HARTINI.docx

Download (33kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa SDN Dipawangi Cianjur yang dianggap masih rendah, serta masih rendahnya tingkat partisipasi siswa mengerjakan PR, menjadi alasan dari munculnya penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode campuran Embedded Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa SDN Dipawangi dengan sampel kelas VA dan VB. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan non tes. Instrumen tes berupa soal pretest dan posttest, sedangkan non tes berupa angket, lembar observasi, dan wawancara. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan : 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat perlakuan pemberian komentar guru pada hasil PR tidak lebih baik daripada siswa yang tidak mendapat perlakuan tersebut; 2) tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yang signifikan, antara siswa yang mendapat perlakuan pemberian komentar guru pada hasil PR dan siswa yang tidak mendapat perlakuan tersebut; 3) motivasi belajar siswa mendapat perlakuan pemberian komentar guru pada hasil PR lebih baik daripada siswa yang tidak mendapat perlakuan tersebut; 4) tidak terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan motivasi belajar siswa. Kata kunci : Komentar Guru, Pekerjaan rumah (PR), Pemecahan Masalah, Motivasi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: PROCEEDING
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 07 Jun 2017 03:11
Last Modified: 07 Jun 2017 03:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27663

Actions (login required)

View Item View Item