PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS LABA (Studi pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2015)

Cynthia Asri Sekarwati, 134020234 (2017) PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS LABA (Studi pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2015). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (942kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mekanisme good corporate governance, yang meliputi; kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, proporsi dewan komisaris independen, ukuran dewan komisaris, dan ukuran komite audit terhadap manejemen laba. Penelitian ini juga menguji dampak manajemen laba terhadap kualitas laba. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan menggunakan sampel dari 8 perusahaan manufaktur sub sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yang menerbitkan laporan keuangan dari tahun 2010-2015 dan memenuhi kriteria untuk dijadikan sampel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, (2) kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, (3) proporsi dewan komisaris independen berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, (4) ukuran dewan komisaris berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, (5) komite audit berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, dan (6) manajemen laba berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba. Kata Kunci: Mekanisme good corporate governance, manajemen laba, kualitas laba

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2013
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 02 Jun 2017 08:08
Last Modified: 02 Jun 2017 08:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27481

Actions (login required)

View Item View Item