Pengaruh Sistem Pengendalian Intern Pemerintah terhadap Keandalan Pelaporan Keuangan Di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Desy Mulyasari, NPM : 148020108 (2017) Pengaruh Sistem Pengendalian Intern Pemerintah terhadap Keandalan Pelaporan Keuangan Di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
JURNAL DESY MULYASARI.docx

Download (86kB)

Abstract

Sistem pengendalian intern merupakan proses integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara sistem pengendalian intern terhadap keandalan pelaporan keuangan di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Dalam penelitian ini, variabel independen (X) adalah sistem pengendalian internal yang diukur dengan variabel Lingkungan Pengendalian (X1), Penilaian Resiko (X2), Kegiatan Pengendalian (X3), Informasi dan Komunikasi (X4), dan Pemantauan (X5). Sedangkan variabel dependen (Y) adalah keandalan pelaporan keuangan. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dibagikan kepada staf di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung yang menangani permasalahan yang berkaitan dengan objek penelitian. Data sekunder yang digunakan oleh penulis, melalui media perantara berupa bukti, catatan, dokumen dikumpulkan dan peraturan yang berkaitan dengan sistem pengendalian internal dan keandalan pelaporan keuangan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi yang didasarkan pada hubungan fungsional atau kausal dua atau lebih variabel bebas dengan variabel terikat. Sistem pengendalian intern berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap keandalan pelaporan keuangan sebesar 84%. Secara parsial lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemantauan berpengaruh signifikan terhadap keandalan pelaporan keuangan di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Kata Kunci : Sistem Pengendalian Intern, Keandalan Pelaporan Keuangan.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 05 Jun 2017 11:26
Last Modified: 05 Jun 2017 11:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27435

Actions (login required)

View Item View Item