PROBLEM BASED LEARNINGBERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN REPRESENTASI MATEMATIK SERTA MOTIVASI BELAJAR

Setio Priyono, NPM. 158060017 (2017) PROBLEM BASED LEARNINGBERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN REPRESENTASI MATEMATIK SERTA MOTIVASI BELAJAR. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Artikel Setio Priyono 158060017.docx

Download (58kB)
[img] Text
1. Halaman Judul, lembar pengesahan, lembar pernyataan, pengantar, ucapan terima kasih.docx

Download (172kB)
[img] Text
3. Abstrak.docx

Download (18kB)
[img] Text
4. BAB I.docx

Download (36kB)
[img] Text
5. BAB II.docx

Download (185kB)
[img] Text
6. BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] Text
7. BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
8. BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.docx

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menelaah peningkatan kemampuan pemahaman dan kemampuan representasi matematik dan pengembangan motivasi belajar, antara siswa yang mendapatkan model problem based learning berbantuan geogebra dengan siswa yang mendapatkan model problem based learning tanpa berbantuan geogebra. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Campuran (Mixed Method) tipe penyisipan (Embedded Design). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIAdi SMA Al-Muttaqin Tasikmalaya. Sampel dalam penelitian ini dipilih sebanyak 2 kelas dari kelas XII MIA. Kelas eksperimen mendapatkan model problem based learning berbantuan geogebra dan kelas kontrol mendapatkan model problem based learning tanpa berbantuan geogebra. Instrumen penelitian meliputi tes pemahaman, representasi, angket motivasi belajar, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan represenstasi matematik siswa yang menggunakan model problem based learning berbantuan geogebra lebih baik dari pada menggunakan model problem based learning tanpa berbantuan media software geogebra (2) Peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa yang menggunakan model problem based learning berbantuan geogebra tidak lebih baik atau sama dengan menggunakan model problem based learning tanpa berbantuan media software geogebra (3) Terdapat hubungan positif antara peningkatan kemampuan representasi dengan peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa, antara peningkatan kemampuan representasi dengan motivasi belajar siswa, serta antara peningkatan kemampuan pemahaman dengan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Problem based learning, geogebra, pemahaman matematik, representasi matematik, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 29 Apr 2017 04:16
Last Modified: 26 Oct 2021 04:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27224

Actions (login required)

View Item View Item