KEWENANGAN HAKIM DALAM MENETAPKAN SAKSI DAN PIHAK LAINNYA MENJADI TERSANGKA DIHUBUNGKAN DENGAN KEBEBASAN DAN TANGGUNG JAWAB HAKIM DALAM MENEGAKKAN KEADILAN

Erwantoni, NPM. 129313016 (2017) KEWENANGAN HAKIM DALAM MENETAPKAN SAKSI DAN PIHAK LAINNYA MENJADI TERSANGKA DIHUBUNGKAN DENGAN KEBEBASAN DAN TANGGUNG JAWAB HAKIM DALAM MENEGAKKAN KEADILAN. Disertasi(S3) thesis, UNPAS.

[img] Text
Jurnal - Kewenangan Hakim Dalam Menetapkan Saksi Menjadi Tersangka.docx

Download (63kB)

Abstract

Tugas pokok hakim adalah mengadili, memeriksa dan memutuskan suatu perkara, tidak boleh menolak dengan alasan hukumnya tidak jelas atau undang-undang tidak mengaturnya, maka merupakan kewajiban bagi hakim untuk memutuskan setiap perkara yang diajukan kepadanya. Sering hakim dihadapkan pada suatu dilema di antara menerapkan peraturan perundang-undangan atau menyimpangi aturan demi mencapai keadilan secara substantif. Melalui pemeriksaan di persidangan, hakim dituntut cekatan, tanggap, dan aktif mengorek data dan informasi, menyimak dan menganalisis keterangan, serta menelusuri bukti-bukti yang diragukan oleh hakim. Dalam hal tersebut, hakim harus berani mengeluarkan penetapan “Putusan Sela” dan memerintahkan kepada JPU untuk melakukan penuntutan kepada saksi dan pihak lainnya tersebut, kemudian perkaranya disatukan untuk diproses seperti halnya diatur dalam Pasal 174 KUHAP sebagai “sumpah palsu”. Hakim dapat juga dalam “Putusan Akhir” dalam pertimbangan hukumnya dalam putusan tersebut, dicantumkan penetapan saksi dan pihak lainnya menjadi tersangka dan memerintahkan JPU untuk melaksanakan putusan dengan menetapkan “saksi dan pihak lainnya menjadi tersangka” atau JPU dapat memohonkan penetapan saksi dan pihak lainnya menjadi tersangka dalam putusan akhir tersebut, guna tegaknya kepastian hukum dan keadilan. Kata Kunci : Kewenangan Hakim, Penetapan Saksi dan Pihak Lainnya Menjadi Tersangka, Menegakkan Keadilan.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: S3-Disertasi
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Hukum 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 17 Apr 2017 04:40
Last Modified: 18 Apr 2017 04:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27175

Actions (login required)

View Item View Item