ANALISIS POLA SUPLAI dan DISTRIBUSI MENGGUNAKAN TWO LEVELCAPACITY LOCATION ALLOCATION PROBLEM (TLCLAP)TERMINAL ELPIJIPERTAMINA DI JAWA BARAT dan BANTEN DENGAN PENDEKATAN ALGORITMA GENETIK dan BENEFIT COST OPPORTUNITY RISK (BOCR).

Reza Fayaqun, NPM : 118312008 (2017) ANALISIS POLA SUPLAI dan DISTRIBUSI MENGGUNAKAN TWO LEVELCAPACITY LOCATION ALLOCATION PROBLEM (TLCLAP)TERMINAL ELPIJIPERTAMINA DI JAWA BARAT dan BANTEN DENGAN PENDEKATAN ALGORITMA GENETIK dan BENEFIT COST OPPORTUNITY RISK (BOCR). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Jurnal Teknik Industri Reza.docx

Download (2MB)

Abstract

Perancanganjaringandistribusisebagaikeputusanstrategis yang memilikiefekjangkapanjangdalamtaktikdanoperasionalsupply chain management. Dalampenelitianini, permasalahanmerancangpolasuplaidandistribusiberdasarkanmetodeTwo Level Capacity Location Allocation Problem (TLCLAP) atau CLAP duatingkat.Produk yang berupa LPGharusdikirimdarisebuahsuplai pointuntukmemenuhipermintaan yang sebelumnyaharusdidistribusikanterlebihdahulukepadaterminal LPGsebelumdikirimkepelangganyaitukota-kotabesar di Jawa Barat, DKI danBanten.TujuannyaadalahuntukmenetapkanlokasiTerminal LPG baru, mengalokasikanLPGdarisuplai pointketerminal LPGdalamjaringandistribusitingkatpertamadanmengalokasikanLPG tersebutdariterminalkekota-kotabesardi Jawa Barat, DKI danBantendalamtingkatselanjutnya. Akhirnyaadalahuntukmeminimalisasi total biayadalamjaringandistribusiduatingkatsehinggamemenuhipermintaan (demand) yang sesuaidengankapasitastimbun terminal LPG. Dalampenelitianinidigunakanmodel matematisuntukTLCLAP denganmemberikanbatasan (constrain). Untukmemecahkanmasalah model matematistersebut, digunakansebuahAlgoritma Genetic (GA) untukTLCLAP denganbantuansoftware MATLAB R2013a, juga digunakanpendekatan model Analytic Network Process (ANP) untukmenentukanbobotprioritasdarisejumlahmatrikspenilaiandariaspekBenefit, Cost, Opportunity, Risk (BCOR)denganbantuansoftware Super Decision. Dari hasilperhitungandidapatbahwalokasipengembangan terminal LPG baru yang paling optimal berada di lokasiTanjungSekongdengan total biaya CAPEX,OPEXdan total biayadistribusidaritahun 2013 sampaidengantahun 2027 sebesarRp.7,692,989,010,608. Sedangkanuntukhasilanalisadenganmetode BCOR, lokasiTanjungSekongmemilikipriortassebesar0.53841 untukdikembangkandibandinglokasiTelukBanten yang memilikiprioritassebesar 0.4619. Dengandemikianlokasipengembangan terminal LPG di Jawa Barat danBantenditentukan di daerahTanjungSekonguntukjangkawaktu 15 tahun yang akandatang, Sehinggadesainpolasuplaidandistribusi LPG akandapatmemenuhipermintaandenganbiayadistribusi yang optimal. Kata kunci :Two Level Capacity Location Allocation Problem, polasuplaidandistribusi, Analytic Network Process,Benefit, Cost, Opportunity, Risk, optimasirantaipasok.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Teknik Industri 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 24 Mar 2017 07:32
Last Modified: 24 Mar 2017 07:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27094

Actions (login required)

View Item View Item