MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITISMATEMATISMELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF PADA MATERI GEOMETRI

Erlan Budiawan, NPM : : 15806007 (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITISMATEMATISMELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF PADA MATERI GEOMETRI. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ERLAN 158060007.docx

Download (75kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik antara siswa yang memperoleh strategi pembelajaran Konflik Kognitif (Cognitive Conflict) dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Metode Campuran (Mixed Method) tipe penyisipan (Embedded Design). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIIAdi SMA Alfa Centauri Bandung. Sampel dalam penelitian ini dipilih sebanyak 2 kelas dari kelas XII MIIA. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran Konflik Kognitif dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian meliputi tes berpikir kritis, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik, pada materi geometri dimensi tiga, pada peserta didik yang memperoleh pembelajaran Konflik Kognitif lebih baik daripada kemampuanpeserta didik yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional Kata kunci: Strategi pembelajaran Konflik Kognitif, kemampuan berpikir kritis matematik, pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 24 Mar 2017 03:09
Last Modified: 24 Mar 2017 03:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27089

Actions (login required)

View Item View Item