PENINGKATAN PIGMEN MERAH YANG DIHASILKAN OLEH Monascus purpureus PADA LIMBAH SINGKONG (Manihot esculenta) DENGAN VARIASI KONSENTRASI STARTER DAN LAMA FERMENTASI

Tiara Kurnia Khoerunnisa, Alumni and Sumartini, DS and Yusman Taufik, DS (2016) PENINGKATAN PIGMEN MERAH YANG DIHASILKAN OLEH Monascus purpureus PADA LIMBAH SINGKONG (Manihot esculenta) DENGAN VARIASI KONSENTRASI STARTER DAN LAMA FERMENTASI. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
BAB 1-5.docx

Download (670kB)
[img] Text
ARTIKEL Peningkatan Pigmen Merah Angkak Limbah Singkong.docx
Restricted to Repository staff only

Download (130kB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pigmen merah yang dihasilkan oleh Monascus purpureus pada limbah singkong (Manihot esculenta) dengan variasi konsentrasi starter dan lama fermentasi. Metode penelitian yang dilakukan terdiri dari dua tahap, yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan yang dilakukan yaitu melakukan analisis bahan baku terhadap limbah singkong, dan memilih media yang digunakan dengan menghitung jumlah sel serta membuat grafik pertumbuhan mikroorganisme Monascus purpureus. Penelitian utama yang dilakukan yaitu mengetahui peningkatan produksi pigmen merah dari berbagai konsentrasi starter dan lama fermentasi. Adapun faktor yang digunakan adalah konsentrasi starter 11%, 12% dan 13% dengan lama fermentasi 14 hari. Respon pada penelitian ini meliputi respon kimia (kadar air), respon fisik (intensitas pigmen merah, intensitas warna terhadap kelarutanya dalam air dan stabilitas pigmen merah terhadap suhu). Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis bahan baku menunjukan limbah singkong mengandung komponen pati sebesar 33,065%, dan HCN sebesar 0,00%. Media yang digunakan yaitu media padat dengan umur starter 5 hari dengan jumlah spora 1,89 x 107 spora/ml. Variasi Konsentrasi starter yang digunakan memberikan peningkatan terhadap intensitas pigmen merah. Akan tetapi peningkatan tidak terjadi terhadap kadar air, intensitas warna terhadap kelarutanya pada air dan stabilitas pigmen merah terhadap suhu. Produk yang memiliki intensitas pigmen merah tertingi adalah pada konsentrasi 13% dengan lama fermentasi 13 hari yang memiliki nilai absorban 3,070. Kata kunci : Limbah singkong, Monacus purpureus, Konsentrasi starter, Lama Fermentasi, Angkak.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 10 Feb 2017 07:01
Last Modified: 04 Aug 2018 07:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/26791

Actions (login required)

View Item View Item