Muhammad Ayat Hidayat, Alumni and Caca Emile Supriana, DS (2011) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MARKETING UNTUK MENDUKUNG DATAWAREHOUSE (STUDI KASUS : DIVISI MARKETING PT.SSB). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
Text
Bab1_123040293.doc Download (96kB) |
|
Text
Bab2_123040293.doc Restricted to Repository staff only Download (534kB) | Request a copy |
|
Text
abstrak_123040293.doc Download (36kB) |
|
Text
Bab4_123040293.doc Restricted to Repository staff only Download (810kB) | Request a copy |
|
Text
kata_pengantar_123040293.doc Download (28kB) |
|
Text
cover_dll_123040293.doc Download (72kB) |
|
Text
Bab3_123040293.doc Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Data adalah deskripsi dasar tentang sesuatu, kejadian, kegiatan dan transaksi yang direkam diklasifikasikan dan disimpan namun tidak terorganisir untuk menyampaikan arti khusus. Dengan kata lain data merupakan kumpulan fakta-fakta serta angka-angka yang belum berarti untuk pemakai, focus data juga terbagi berdasarkan angka atau fakta apa yang ada pada data tersebut. Sumbernya bisa berasal dari kegiatan pemasaran, sumber daya manusia serta proses organizational lainnya. Bentuknya pun beragam mulai dari digital file seperti flat file (text file), spreadsheet, word, access serta dalam bentuk hardcopy atau dokumen. Bentuk dan sumber data yang banyak pasti memerlukan penyimpanan atau storage, untuk digital file perlu hardisk, untuk hardcopy memerlukan rak atau lemari. Ketersediaan penyimpanan yang cukup diperlukan untuk menjaga keutuhan atau integrasi data. Sistem informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi. Suatu sistem informasi mengumpulkan, memproses, menempatkan, menganalisis dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang khusus Datawarehouse adalah kumpulan data yang mendukung pengambilan keputusan manajemen. Untuk membangun sebuah datawarehouse diperlukan beberapa kriteria yang harus dipenuhi yaitu Subject Oriented (Berorientasi pada subjek), Integrated (Data yang terintegrasi), Time variant (mempunyai variasi waktu tertentu) serta tidak dapat berubah (non-volatile). Selain itu adanya sumber data atau source data juga sangat diperlukan sebagai data yang akan digunakan nanti didalam datawarehouse. PT Sanggar Sarana Baja (SSB) adalah perusahaan yang bergerak dalam pembuatan peralatan untuk minyak dan gas, pertambangan dan pembangkit listrik, peralatan transportasi, komponen produksi ulang alat berat. PT.SSB (Sanggar Sarana Baja) juga telah melakukan diversifikasi usaha dengan membentuk 2 divisi baru yaitu SSBS (Site Services Division), SSBR (Remanufacturing). Adanya diversifikasi ini lah yang menyebabkan jumlah data khususnya bagian marketing semakin bertambah, bukan hanya dari segi jumlah data namun juga dari segi variant data. Banyaknya jumlah data dan variant data ini menyebabkan proses analisis proses marketing yang dilakukan berjalan lambat, hal ini tentunya akan mempengaruhi proses pengambilan keptusan pada divisi marketing itu sendiri. Oleh karena permasalahan tersebut perlu dibangun sebuah wadah terintegrasi dari data marketing yang mengambil sumber data dari sistem informasi marketing yang telah ada sebelumnya. Penelitian ini membahas mengenai data-data apa saja yang didapatkan, kesesuaian data dengan karakteristik datawarehouse, serta kesesuaian data dengan tempat penyimpanan (Storage). Dari penelitian ini didapatkan sebuah model database marketing yang nantinya akan menjadi sumber dari model datawarehouse marketing. Kata Kunci: Data, Storage, Sistem Informasi, Datawarehouse, Integrated Data, Marketing
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2015 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan |
Date Deposited: | 09 Feb 2017 06:41 |
Last Modified: | 09 Feb 2017 06:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/26754 |
Actions (login required)
View Item |