PEMBELAJARAN MENULIS AUTOBIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK AKTIF-REFLEKTIF PADA SISWA KELAS VII SMP NUSANTARA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

IRMA RATNASARI, 115030184 (2016) PEMBELAJARAN MENULIS AUTOBIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK AKTIF-REFLEKTIF PADA SISWA KELAS VII SMP NUSANTARA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
COVER.rtf

Download (9MB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah sangatlah penting. Salah satu keterampilan yang harus dikuasai adalah menyimak dan menulis. Untuk itu, penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul: “Pembelajaran Menulis Autobiografi dengan Teknik Aktif-Reflektif pada Siswa Kelas VII SMP Nusantara Bandung Tahun Pelajaran 2015/2016. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah; (1) Mampukah penulis melaksanakan proses peningkatan pembelajaran menulis autobiografi dengan menggunakan teknik aktif-reflektif pada siswa kelas SMP kelas VII? (2) Mampukah siswa menulis autobiografi dengan menggunakan teknik aktif-reflektif? (3) Efektifkah pembelajaran menulis autobiografi dengan menggunakan teknik aktif-reflektif?. Hipotesis yang penulis rumuskan adalah; (1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis autobiografi dengan menggunakan teknik aktif-reflektif. (2) Siswa kelas VII SMP Nusantara Bandung mampu menuliskan pengalaman pribadi dengan secara aktif-reflektif agar bisa memperhatikan penulisan kata dan kalimat. (3) Teknik Aktif-Reflektif tepat digunakan pada pembelajaran menulis autobio-grafi pada siswa kelas VII SMP Nusantara Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan teknik penelitian observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitian meliputi sebagai berikut, (1) penulis mampu merencanakan dan melaksanakan, pembelajaran menulis autobiografi dengan menggunakan teknik aktif-reflektif pada siswa kelas VII SMP Nusantara Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil nilai rata-rata 3,83. Kemampuan penulis termasuk kategori sangat baik; (2) siswa kelas VII SMP Nusantara Bandung mampu melaksanakan pembelajaran menulis autobiografi dengan baik. Hal ini terbukti pada adanya perbedaan hasil nilai pretes dan postes. Nilai rata-rata pretes yaitu 1,6 sedangkan nilai rata-rata postes yaitu 33,3. Peningkatannya sebesar 19%; (3) teknik aktif-refletif efektif digunakan dalam pembelajaran menulis autobiografi pada siswa kelas VII SMP Nusantara Bandung. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji statistik hasil thitung > ttabel (42,3 > 79,4) pada tingkat kepercayaan 95%, dan db sebesar 19. Artinya, penulis me-nyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima. Kata kunci: Penerapan Teknik Aktif reflektif, Menulis Pengalaman Pribadi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 06 Apr 2016 08:07
Last Modified: 06 Apr 2016 08:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/2298

Actions (login required)

View Item View Item