PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI CIMANGGUNG SUMEDANG

SOPYAN WAHYUDIN, 0 850500 04 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI CIMANGGUNG SUMEDANG. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penalaran adalah proses berpikir yang dilakukan dengan cara tertentu untuk menarik kesimpulan. Ke m ampuan penalaran matematika siswa diperlukan untuk mencapai hasil yang lebih baik dalam menyelesaikan suatu persoalan matematika. Oleh karena itu perlu dipikirkan suatu pembelajaran matematika yang menekankan pada kemampuan penalaran matematika bagi siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa adalah dengan menggunakan model reciprocal teaching yang memusatkan perhatian kepada proses berpikir anak dimana dalam pembelajarannya menggunakan empat strategi, yaitu merangkum, memb uat pertanyaan, menjelaskan kembali, dan memprediksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan : 1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching lebih baik daripada yang menggunaka n model pembelajaran konvensional; 2) Untuk mengetahui sikap siswa terhadap pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretes - postes control group design . Variable bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan model reciprocal teaching , sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII I SMPN Cimanggung dengan sa mpel sebanyak dua kelas yaitu kel a s VIIIA sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol yang ditentukan secara acak. Instrume n yang digunakan berupa tes tert ulis kemampuan penalaran matematis siswa yang berbentuk uraian dan angket respon s iswa terhadap model reciprocal teaching dikelas eksperimen. Hasil penelitian adalah : 1) Kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelaja ran konvensional; 2) Siswa bersikap positif terhadap pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching. Kata Kunci : Model Reciprocal Teaching , Kemampuan Penalaran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Apr 2016 06:21
Last Modified: 06 Apr 2016 06:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/2250

Actions (login required)

View Item View Item