PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN GIRIMULYA II PADA MATA PELAJARAN IPA

Elin Nurfitriyah, 115060114 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN GIRIMULYA II PADA MATA PELAJARAN IPA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (58kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (212kB)

Abstract

Berdasarkan data awal di SDN Girimulya II ditemukan berbagai masalah dalam pembelajaran IPA di kelas IV, antara lain: model pembelajaran yang digunakan pendidik kurang bervariatif, proses pembelajaran jarang menggunakan media atau alat peraga yang menunjang KBM, serta kecenderungan pendidik yang hanya menekankan aspek kognitif dalam pembelajaran tanpa memperhatikan aspek psikomotorik dan afektif sehingga pemahaman peserta didik terhadap materi IPA menjadi rendah dan tidak bertahan lama. Akibatnya aktifitas dan hasil belajar peserta didik rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian menggunakan model discovery learning. Penelitian dilakukan di SDN Girimulya II Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka dengan objek penelitian kelas IV sebanyak 20 orang, terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan. Variabel yang digunakan adalah aktifitas dan hasil belajar peserta didik. Sumber data berasal dari pendidik, foto dan instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi peserta didik, hasil tes tulis dan catatan peneliti. Hasil penelitian menunjukan aktifitas peserta didik pada siklus I memperoleh presentase 40%. Siklus II memperoleh presentase 80%. Hasil belajar peserta didik pada setiap siklus meningkat. Pada siklus I pertemuan pertama meraih nilai rata-rata 63,75 dan presentase ketuntasan 40%, pertemuan kedua meraih nilai rata-rata 56,50 dan presentase ketuntasan sebesar 45% dan pertemuan ketiga meraih nilai rata-rata 73,00 dan presentase ketuntasan 50%. Siklus II pada pertemuan pertama meraih nilai rata-rata 83,70 dan presentase ketuntasan 95%, serta pada pertemuan kedua meraih nilai rata-rata 87,00 dan presentase ketuntasan 100%. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning pada pembelajaran IPA mampu meningkatkan aktifitas dan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Aktifitas dan Hasil Belajar, Model Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2011
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 16 Mar 2016 06:33
Last Modified: 16 Mar 2016 06:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/224

Actions (login required)

View Item View Item