KONDISI BIOPSIKOSOSIAL ANAK “NGELEM” (StudiKasus di KecamatanAstanaanyar)

Fakhril Huda, 122020031 (2016) KONDISI BIOPSIKOSOSIAL ANAK “NGELEM” (StudiKasus di KecamatanAstanaanyar). Skripsi(S1) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (73kB)

Abstract

Abstrak Tulisan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) kondisi biologis anak pengguna lem di Astanaanyar (2) kondisi psikologis anak pengguna lem di Astanaanyar (3) kondisi sosial anak pengguna lem di Astanaanyar.Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif.Metode yang digunakan adalah studi kasus.Sementara konsep utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep yang berhubungan dengan biopsikososial. Penelitian ini mendeskripsikan kondisi biologis anak pengguna lem yang ada di daerah Astananyar melalui tujuh kategori yaitu jumlah penggunaan lem, cara penggunaan, efek penggunaan jangka pendek, efek penggunaan jangka panjang, pola tidur, asupan makanan dan penggunaan obat-obatan. Kondisi psikologis anak “ngelem” di Kecamatan Astanaanyar merujuk pada penyebab-penyebab stres, yang meliputi kekerasan (hinaan dan kekerasan fisik) berujung trauma, perceraian orangtua, tingkatan pendidikan, anak yang dipekerjakan ataupun pekerja anak serta teknis pelaksanaan rehabilitasi yang keliru oleh aparat. Anak pengguna lem memiliki masa lalu yang buruk.Anak dengan kesamaan masa lalu membentuk kelompok pengguna lem, mereka seolah berubah fungsi menjadi sebuah keluarga yang baru dan tidak mau terpisahkan satu dengan yang lainnya.Anak jalanan sampai dengan sekarang masih menghirup lem karena didukung oleh uang yang diberi oleh para pengemudi kendaran ataupun masyarakat. Kata kunci : Anak pengguna lem, kondisi biologis, kondisi psikologis, kondisi sosial

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2016
Depositing User: Edy Gomes -Somantri
Date Deposited: 06 Apr 2016 03:29
Last Modified: 10 Jun 2017 05:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/2236

Actions (login required)

View Item View Item