MENUMBUHKAN RASA INGIN TAHU DAN PERCAYA DIRI SERTA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL INQUIRY TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN IPS ( Penelit ian Tindakan Kelas dengan SK mengahargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang bersekala nasional pada masa Hindu - Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia dan KD mengenal makna peninggalan sejarah yang bersekala nasional da ri masa Hindu - Budha dan Islam di Indonesia kelas V SDN Rancabali kecamatan Rancabali kabupaten Bandung )

Ziki Mulyadi Mochtar, 1150602 15 (2016) MENUMBUHKAN RASA INGIN TAHU DAN PERCAYA DIRI SERTA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL INQUIRY TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN IPS ( Penelit ian Tindakan Kelas dengan SK mengahargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang bersekala nasional pada masa Hindu - Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia dan KD mengenal makna peninggalan sejarah yang bersekala nasional da ri masa Hindu - Budha dan Islam di Indonesia kelas V SDN Rancabali kecamatan Rancabali kabupaten Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
cover jadi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Tujuan pen e litian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan KD mengenal makna peninggalan sejarah yang bers e kala nasional pada masa Hindu - Budha serta islam di Indonesia. Selain hasil belajar tujuan penelitian ini juga untuk membentuk sikap - sikap siswa seperti sikap percaya diri dan rasa ngin tahu. Model yang dipakai dalam penelitian ini adalah model inkuiri model inkuiri adalah suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan seluruh kemampuan siswa secara maksimal untuk mencari dan meneliti secara sistematis, logis dan kritis. Pada model ini siswa mencari sendiri apa yang akan dipelajarinya dengan cara menemukan sumber - sumber belajar lainnya selain buku dan guru. Peranan guru pada model ini hanya seb agai fasilitator. Pembelajaran dengan model inkuiri ini dilakukan dalam dua tahapan siklus yang per - siklus yaitu 3 pertemuan. Sebelum melakukan pembelajaran peneliti mengumpulkan data seperti data siswa, data nilai siswa serta mlakukan wawancara dengan gur u kelas. Pada pelaksanaan siklus satu dari 24 siswa yang mengikuti pembelajaran hanya 10 orang siswa yang mencapai KKM itupun sebagian besar pas dengan KKM yang ditentukan yaitu 60, serta sikap yang belum tercapai. Pada pelaksanaan siklus dua dari 24 siswa yang mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan yaitu 20 siswa yang mencapai KKM walaupun 7 orang siswa masih pas dengan nilai 60 serta sikap - sikap yang diharapkan seperti rasa ingin tahu dan percaya diri ikut muncul pada seluruh siswa atau 24 siswa ata u telah mencapai ketuntasan minimal. Kata kunci : Inkuiri, dan Hasil Belajar , Sikap Rasa Ingin Tahu dan Percaya Diri

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Apr 2016 07:50
Last Modified: 04 Apr 2016 07:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/2103

Actions (login required)

View Item View Item