PEMBELAJARAN MENYUNTING KALIMAT PADA TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MAJALAYA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

DEWI JULAEHA, 11030102 (2016) PEMBELAJARAN MENYUNTING KALIMAT PADA TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MAJALAYA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (44kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (60kB)

Abstract

Pembelajaran menyunting berkaitan dengan keterampilan menulis. Salah satunya yaitu menyunting kalimat pada teks eksposisi dengan menggunakan model discovery learning, yang menekankan pada konsep penemuan dan kesimpulan. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul “Pembelajaran Menyunting Kalimat pada Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Discovery Learning pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Majalaya Tahun Pelajaran 2015/2016”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyunting kalimat pada teks eksposisi dengan menggunakan model discovery learning pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Majalaya Tahun Pelajaran 2015/2016?; 2) Mampukah siswa kelas X SMA Negeri 1 Majalaya menyunting kalimat pada teks ekspsosisi berdasarkan unsur-unsur pembentuk kalimat pada kata, frase, klausa, dan ejaan dengan tepat?; dan 3) Efektifkah model discovery learning digunakan dalam pembelajaran menyunting kalimat pada teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Majalaya Tahun Pelajaran 2015/2016?. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyunting kalimat pada teks eksposisi dengan menggunakan model discovery learning pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Majalaya Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) Siswa kelas X SMA Negeri 1 Majalaya mampu menyunting kalimat pada teks eksposisi berdasarkan unsur-unsur pembentuk kalimat pada kata, frase, klausa dan ejaan dengan tepat. 3) Model discovery learning efektif digunakan dalam pembelajaran menyunting kalimat pada teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Majalaya Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian yang penulis lakukan sebagai berikut. a. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyunting kalimat pada teks eksposisi dengan menggunakan model discovery learning pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Majalaya Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,45 yang termasuk kategori baik sekali. b. Siswa kelas X SMA Negeri 1 Majalaya mampu menyunting kalimat pada teks eksposisi berdasarkan unsur-unsur pembentuk kalimat pada kata, frase, klausa, dan ejaan dengan tepat. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 38.52 dan nilai rata-rata postes sebesar 78,9. Peningkatannya sebesar 40.46. c. Model discovery learning efektif digunakan dalam pembelajaran menyunting kalimat pada teks eksposisi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung sebesar 30.19, ttabel sebesar 2,04 pada tingkat kepercayaan 95%, dan db sebesar 24. Dengan demikian, penulis menyimpulkan pembelajaran menyunting kalimat pada teks ekspsosisi dengan menggunakan model discovery learning berhasil dengan baik. Kata Kunci: Pembelajaran, menyunting, kalimat, eksposisi, model discovery learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 01 Apr 2016 07:37
Last Modified: 01 Apr 2016 08:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1857

Actions (login required)

View Item View Item