947/FKIP/PGSD/2015 UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA DI KELAS IV SD (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Semester I SDN Pakar 3 Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2015 - 2016)

ADE AMILUDIN, 115060310 (2016) 947/FKIP/PGSD/2015 UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA DI KELAS IV SD (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Semester I SDN Pakar 3 Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2015 - 2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER ASLI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini di laksanakan di SD Negeri pakar III dengan subjek penelitian adalah kelas I V. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran I PS . Pada penelitian in i peneliti mengambil materi mengenai membaca dan menggambar peta dan lingkunganya dengan menggun akan media peta . Objek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 29 orang yang terdiriatas 17 lak i - laki dan 1 2 orang perempuan, adapun instrument yang dipakai dalam penelitian kali ini adalah Pree test, Post test, lembar kerja siswa, dan evaluasi hasil belajar siswa . Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes, lembar instrument , angket dan hasil wawancara guru dan siswa . Dari hasilpenelitian tindakan kelas yang dilaksanakan Setiap siklus siswa mengalami peningkatan baik pa da proses pembelajaran, suasana belajar, keceriaan dan hasil belajar siswa , Nilai rata - rata pad a siklus I untuk Pree pembelajaran, suasana belajar, keceriaan dan hasil belajar siswa , Nilai rata - rata pada siklus I untuk Pree test 66,20 Post test 68,96, dan pada evaluasi akhir pembelajaran 67, 21, nilai rata - rata hasil belajar pada siklus II lebih meningkat dari hasil seblumnya yaitu untuk Pree test 71,72 Post test 81,7 dan pada evaluasi akhir pembelajaran 82,41 , dan pada evaluasi akhir pembelajaran 88,2 5. Selain itu aktivitas belajar siswa pun mengalami peningkatan dengan rentang skala persentase 0 - 100%, siklus I aktivitas belajar siswa memperoleh persentase 60% dan mengalami peningkatan di siklus II menjadi 91%. Kesimpulan dari penelitian i ni adalah pen ggunaan m edia peta dapat meningkatkan pemahan dan hasil belajar siswa dalam materi membaca dan menggambar peta . Dengan demikian penggunaan media mampu menghasilkan yang baik . Kata kunci: media peta , pemahaman sisw a , hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 Mar 2016 08:14
Last Modified: 31 Mar 2016 08:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1783

Actions (login required)

View Item View Item