BI/001/III/2016 PEMBELAJARAN MEMBANDINGKAN UNSUR VERBA PADA TEKS EKSPLANASI DENGAN TEKS PROSEDUR KOMPLEKS MENGGUNAKAN STRATEGI SYNERGETIC TEACHING PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 CIKARANG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NENENG NURHASANAH, 115030005 (2016) BI/001/III/2016 PEMBELAJARAN MEMBANDINGKAN UNSUR VERBA PADA TEKS EKSPLANASI DENGAN TEKS PROSEDUR KOMPLEKS MENGGUNAKAN STRATEGI SYNERGETIC TEACHING PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 CIKARANG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

v PEMBELAJARAN MEMBANDINGKAN UNSUR VERBA PADA TEKS EKSPLANASI DENGAN TEKS PROSEDUR KOMPLEKS MENGGUNAKAN STRATEGI SYNERGETIC TEACHING PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 CIKARANG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2015/2016 ABSTRAK Teks Eksplanasi adalah teks yang m enjelas k an tentang proses terjadinya suatu kejadian , atau terbentuknya sebuah fenomena alam dan fenomena sosial maupun budaya. Teks Prosedur Ko mpleks adalah teks yang menjelaskan langkah - langkah atau tahap - tahap an yang harus ditempuh untuk mencapai suatu tujuan, Strategi Synergetic Teaching adalah strategi pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggabungkan dua cara belajar yang berbeda dalam mem pelajari materi yang sama untuk saling membandingkan catatan. Sehubungan dengan hal tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran membandingkan unsur verba pada teks eksplanasi dengan teks prosedur kompleks menggunakan strategi synergetic teaching pada siswa kelas XI SMAN 1 Cikarang Timur tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan penulis, kemampuan siswa, dan ketepatan strategi synergetic teaching dalam pembelajaran membandingkan unsur verba pada teks eksplanasi dengan teks prosedur kompleks pada siswa kelas XI SMAN 1 Cikarang Timur tahun pelajaran 2015/2016. Hipotesis di rumuskan dalam penelitian ini, yaitu : (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, menilai kegiatan pembelajaran m embandingkan unsur verba pada teks eksplanasi dengan teks prosedur kompleks menggunakan strategi synergetic teaching pada siswa kelas XI SMAN 1 Cikarang Timur Tahun Pelajaran 2015/2016; (2) Siswa kelas XI SMAN 1 Cikarang Timur mampu membandingkan unsur ver ba pada teks eksplanasi dengan teks prosedur kompleks dengan tepat; (3) Strategi Synergetic teaching efektif digunakan dalam pembelajaran membandingkan unsur verba pada teks eksplanasi dengan teks prosedur kompleks pada siswa kelas XI SMAN 1 Cikarang Timur Tahun Pelajaran 2015/2016. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penulis memperoleh nilai rata - rata hasil perencanaan dengan nilai 3,6 dan nilai rata - rata hasil pelaksanaan dengan nilai 3,8 dengan kategori baik sekali (A) . Sementara untuk hasil rata - rata pretes yang diperoleh siswa 33,4, sedangkan nilai rata - rata postes yang diperoleh adalah 66,7. Jadi selisih nilai rata - rata pretes dan postes yaitu 33,3 atau setara dengan 1,11%. D alam hal ini, dari hasil perhitungan statistik dan hasil perhitungan taraf signifikan diketahui hasil sebesar 9,30, sebesar 0,04 pada tingkatan kepercayaan 95% dan d.b sebesar 29. Berdasarkan fakta - fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitia n ini dapat diterima. Kata kunci : Pembelajaran, membandingkan, unsur verba, teks eksplanasi, teks prosedur kompleks, strategi synergetic teaching. vi STUDY COMPARING ELEMENTS OF VERB EXPLANATION TEXT WITH COMPLEX PROCEDURE TEXT USED IN SYNERGETIC TEACHING STRATEGIES CLASS SMAN 1 CIKARANG TIMUR OF LESSONS 2015/2016 ABSTRACT Explanation text is the text that describes the occurrence of an event, or the formation of a natural phenomenon and a social and cultural phenomenon. The complex procedure of text is the text that explains the steps or stages - the stages that must be taken to achieve a goal, Synergetic Teaching Strategies is a learning strategy that is implemented by combining two different ways of learning in studying the same material for comparing notes. Relative to the authors interested in doing research on comparing t he learning element of verbs in the explanatory text with the text complex procedures using a strategy of synergetic teaching in class XI student of SMAN 1 Cikarang Timur in the academic year 2015/2016. This study aims to determine the authors' knowledge, the ability of students, and the accuracy of synergetic strategy of teaching in learning verbs on comparing element explanatory text with the text complex procedures in a class XI student of SMAN 1 Cikarang Timur in the academic year 2015/2016. The hypothe sis formulated in this study, namely: (1) The author is able to plan, implement, assess learning activities comparing the elements of the verb in the explanatory text with the text complex procedures using a strategy of synergetic teaching in class XI stud ent of SMAN 1 Cikarang Timur Academic Year 2015/2016; (2) The students of class SMAN 1 Cikarang Timur was able to compare the verb element in explanatory text with the text complex procedures properly; (3) Synergetic teaching effective strategies used in l earning verbs on comparing element explanatory text with the text complex procedures in a class XI student of SMAN 1 Cikarang Timur academic year 2015/2016. Based on the research conducted, the authors obtained an average value of planning results with val ues of 3.6 and average value of the results of the implementation of the value of 3.8 with a good category (A). As for the average yield obtained pretest students 33.4, while the average value obtained was 66.7 postest. So the difference between the aver age value of pretest and postest is 33.3, equivalent to 1.11%. In this case, the results of statistical calculations and results of calculations known to result t_ arithmetic significant level of 9.30, t_ tabel of 0.04 at the 95% confidence level and amounted to 29 db. Based on these facts, the authors concluded that all the hypothesis that the writer formulated in this study may be accepted. Keywords: Learning, comparing, elements verbs, explanatory text, the text complex procedures, teaching synerg etic strategy.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 Mar 2016 06:58
Last Modified: 31 Mar 2016 06:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1777

Actions (login required)

View Item View Item