YUNIA ERTIANIA, 1503016 7 (2016) PEMBEL AJARAN ME MPRODUKSI TEKS ULASAN DRAMA MENGGUNAKAN METODE ASSESMENT SEARCH PADA SISWA KELA S XI SMA NEGERI 1 LEMBANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
Abstrak.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
Cover Skripsi.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (156kB) | Preview |
Abstract
vi ABSTRAK Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah sangatlah penting bahkan menjadi salah satu persyaratan menghadapi Ujian Nasional. S alah satu keterampilan ya ng harus dikuasai adalah me nulis . Semua sisw a tentu memiliki poten si dalam menulis , termasuk me mproduksi teks ulasan berdasarkan struktur corak kritik apresiasi (segi positif) . Metode assessment search merupakan metode yang mengarahkan si swa pada keaktifan dan kerjasama . Untuk itu, penulis teratrik m elakukan penelitian dengan judul: “Pembel ajaran Me mproduksi Teks Ulasan Menggunakan Metode Assesment Search pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kota Bandung Tahun Pelajaran 2014/2015. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah; (1) . Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembela - jaran memproduksi teks ulasan pada siswa SMAN 1 Lembang Bandung ? (2) Mampukah siswa SMAN 1 Lembang memproduksi teks ulasan drama berdasarkan struktur teksnya ? (3) Efektifkah metode assesment search digunakan dalam memproduksi teks ulasan . Hipotesis yan g penulis rumuskan adalah; ( 1 ). Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis teks ulasan drama menggu nakan metode assesment search .( 2 ) . Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lembang mampu melaksanakan pembelajaran menulis teks ulasan drama menggu nakan metode asse sment search .( 3 ). Metode assesment search lebih efektif dan menyenangkan serta kreatif digunakan dalam pembelajaran menulis teks ulasan . Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Quasi Eksperimental Design dengan teknik penelitian One - Group Pretest - Posttest Design . Adapun hasil penelitian; ( 1 ) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran memproduksi teks ulasan drama dengan metode assessment search pada siswa kelas XI SMAN 1 Lembang. Hal ini didasari dari hasil penilaian persiapan dan pe laksanaan pembelajaran memproduksi teks ulasan drama dari guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Adapun hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran penulis yaitu 3,8 dengan kategori nilai baik sekali (A). Kemudian, hasil penilaian Rencana Pelaksanaa n Pembelajaran (RPP) 3,9 dengan kategori baik sekali (A ). ( 2 ) Siswa kelas XI SMAN 1 Lembang mampu mengikuti pembelajaran memproduksi teks ulasan drama dengan menggunakan metode assessment search. Hal ini terbukti dari perolehan nilai rata - rata prates dan pa scates. Nilai rata - rata prates yaitu 17,0 sedangkan nilai rata - rata pascates adalah 68,6. Jadi, selisih antara nilai rata - rata prates dan pascates adalah 49,6. ( 3 ) Metode pembelajaran assessment search efektif diterapkan dalam pembelajaran memproduksi teks ulasan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lembang. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji statistik thitung > ttabel yakni 4.6> 2,2 dalam tingkat kepercayaan 75% dengan taraf signifikan 25% dan derajat kebebasan 23. Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hi potesis yang dirumuskan dapat diterima. Kata Kunci: Me mproduksi , Metode Assesment Search , Pembelajaran , Teks Ulasan .
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 31 Mar 2016 02:54 |
Last Modified: | 31 Mar 2016 02:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1709 |
Actions (login required)
View Item |