PEMBELAJARAN MENGANALISIS KALIMAT DESKRIPSI DALAM TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK PADA SISWA KELAS X SMK INFORMATIKA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Tri Sandra, 115030099 (2016) PEMBELAJARAN MENGANALISIS KALIMAT DESKRIPSI DALAM TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK PADA SISWA KELAS X SMK INFORMATIKA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img] Text
Sampul.docx

Download (57kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak 1.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (ACC).pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

vi ABSTRAK Laporan hasil observasi adalah teks yang berisi penjabaran umum menge-nai sesuatu yang disusun dan didasarkan pada hasil pengamatan dan fakta yang ada melalui kalimat deskripsi. Metode talking stick merupakan sebuah metode pembelajaran kooperatif yang bertujuan untuk melatih kemampuan berbicara di depan umum. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian pembelajaran menganalisis kalimat deskripsi dalam teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode talking stick pada siswa kelas X SMK Informatika Bandung tahun pelajaran 2015/2016. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) mampukah penulis me-rencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran menganali-sis kalimat deskripsi dalam teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode talking stick pada siswa kelas X SMK Informatika Bandung?; 2) mampukah siswa kelas X SMK Informatika Bandung menganalisis kalimat deskripsi dalam teks laporan hasil observasi dengan cermat dan tepat?; 3) efek-tifkah metode talking stick digunakan sebagai metode pembelajaran menganalisis kalimat deskripsi dalam teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMK Informatika Bandung? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu; 1) penulis mampu penulis meren-canakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran menganalisis kalimat deskripsi dalam teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode talking stick pada siswa kelas X SMK Informatika Bandung; 2) siswa kelas X SMK Informatika Bandung mampu menganalisis kalimat deskripsi dalam teks laporan hasil observasi dengan cermat dan tepat; 3) metode talking stick efektif digunakan pada pembelajaran menganalisis kalimat deskripsi dalam teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMK Informatika Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode eksperimen semu, dengan teknik telaah pustaka, observasi, uji coba, tes, dan analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran menganalisis kalimat deskripsi dalam teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode talking stick pada siswa kelas X SMK Informatika Bandung. Hal ini terbukti berdasarkan hasil penilaian akhir dari perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran 3,6 dengan kategori baik sekali. 2. Siswa kelas X SMK Informatika Bandung mampu menganalisis kalimat deskripsi dalam teks laporan hasil observasi dengan cermat dan tepat. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata prates sebesar 27,6 dan nilai rata-rata pascates sebesar 64 dengan kategori baik. 3. Metode talking stick efektif digunakan pada pembelajaran menganalisis kalimat deskripsi dalam teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMK Infor-matika Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil yang menunjukan thitung > ttabel, yaitu 14,24 > 2,01 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 20. Kata kunci: Pembelajaran, menganalisis, kalimat deskripsi, teks laporan hasil ob-servasi, dan metode talking stick.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Mar 2016 07:15
Last Modified: 28 Mar 2016 07:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1621

Actions (login required)

View Item View Item