PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI PENGGUNAAN GAYA BAHASA PERBANDINGAN DALAM TEKS PUISI MENGGUNAKAN METODE IMPROVE PADA SISWA KELAS X SMK INFORMATIKA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sandika Agustian, 115030122 (2016) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI PENGGUNAAN GAYA BAHASA PERBANDINGAN DALAM TEKS PUISI MENGGUNAKAN METODE IMPROVE PADA SISWA KELAS X SMK INFORMATIKA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK Indonesia.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text
1. Cover.docx

Download (60kB)

Abstract

ABSTRAK Gaya bahasa perbandingan adalah gaya bahasa yang membandingkan antara se-suatu yang dinyatakan dengan sesuatu yang lain. Puisi adalah karya sastra yang meng-ekspresikan pikiran dan perasaan dengan bahasa yang indah dan kaya makna. Metode im-pove metode pembelajaran yang didasarkan pada teori kognisi dan metakognisi sosial. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian mengenai pem-belajaran mengidentifikasi penggunaan gaya bahasa perbandingan dalam teks puisi meng-gunakan metode improve pada siswa kelas X SMK Informatika Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) mampukah penulis meren-canakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi penggunaan gaya bahasa dalam teks puisi dengan menggunakan metode improve pada siswa kelas X SMK Informatika Bandung?; 2) mampukah siswa kelas X SMK Info-rmatika Bandung mengidentifikasi penggunaan gaya bahasa perbandingan yang terdapat dalam teks puisi dengan tepat?; 3) efektifkah metode improve digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi penggunaan gaya bahasa perbandingan da-lam teks puisi pada siswa kelas X SMK Informatika Bandung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan siswa, dan ketepatan metode improve dalam pembelajaran mengidentifikasi penggunaan gaya bahasa perbandingan dalam teks puisi pada siswa kelas X SMK Informatika Ban-dung. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) penulis mampu merencanakan, melak-sanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi penggunaan gaya bahasa perban-dingan dalam teks puisi menggunakan metode improve pada siswa kelas X SMK Infor-matika Bandung; 2) siswa kelas X SMK Informatika Bandung mampu mengidentifikasi penggunaan gaya bahasa perbandingan dalam teks puisi dengan tepat; 3) metode improve efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi penggunaan gaya bahasa perbandingan dalam teks puisi pada siswa kelas X SMK Informatika Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode quasi eksperimen dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, tes, dan teknik analisis. Adapun hasil pene-litiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mendientifikasi peng-gunaan gaya bahasa perbandingan dalam teks puisi menggunakan metode improve pada siswa kelas X SMK Informatika Bandung. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai pe-rencanaan 3,4 dan pelaksanaan sebesar 3,1. 2. Siswa kelas X SMK Informatika Bandung mampu mengidentifikasi penggunaan gaya bahasa perbandingan dalam teks puisi menggunakan metode improve. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretes yaitu 12,8 dan nilai rata-rata postes yaitu 69,3. Jadi, ada pe-ningkatan sebesar 56,5 atau setara dengan 25,6%. 3. Metode improve tepat digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi penggunaan gaya bahasa perbandingan dalam teks puisi pada siswa kelas X SMK Informatika Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung 166,06>ttabel 2,01 yakni pada tingkat kepercayaan 95%, dan d.b sebesar 21. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran, mengidentifikasi, gaya bahasa perbandingan, teks puisi, improve.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Mar 2016 07:05
Last Modified: 28 Mar 2016 07:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1620

Actions (login required)

View Item View Item