PEMBELAJARAN MENGANALISIS SIFAT DAN RAGAM TEKS NARATIF DENGAN MENGGUNAKAN METODEINKUIRI PADA SISWA KELAS X SMA BPI 2 BANDUNG TAHUNPELAJARAN 2015/2016

GILANG MAULANA SIDIK, 115030084 (2016) PEMBELAJARAN MENGANALISIS SIFAT DAN RAGAM TEKS NARATIF DENGAN MENGGUNAKAN METODEINKUIRI PADA SISWA KELAS X SMA BPI 2 BANDUNG TAHUNPELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img] Text
7. ABSTAK.docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Mengalisis sifat dan ragam teks naratif adalah kegiatan penyelidikan terha-dap suatu peristiwa untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya. Dalam linguis-tik, analisa atau analisis adalah kajian yang dilaksanakan terhadap sebuah bahasa guna meneliti struktur bahasa tersebut secara mendalam. Metode inkuiri terbim-bing sebagian besar perencanaan telat di rancang sedemikian rupa sehingga me-nyediakan kesempatan bimbingan atau petunjuk yang cukup luas kepada peserta didik. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan peneliti-an mengenai pembelajaran menganalisis sifat dan ragan teks naratif pada siswa kelas X IPA 3 SMA BPI 2 Bandung. Rumusan masalah yang di ajukan penulis adalah; (1) Mampukah penulis melaksanakan pembelajaran menganalisis sifat dan ragam teks naratif dengan menggunakan metode inkuiri?; (2) Mampukah siswa kelas X IPA 3 SMA BPI 2 Bandung menganalisis sifat dan ragam teks dengan menggunakan metode inkuiri?; dan (3) Tepatkah metode inkuiri diterapkan dalam pembelajaran meng-analisis sifat dan ragam teks naratif?. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu; (1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menganalisis sifat dan ragam teks naratif epik dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing pada siswa kelas X IPA 3 di SMA BPI 2 Bandung; (2) Peserta didik mampu menganalisis sifat dan ragam teks naratif epik dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing; dan (3) Metode inkuiri terbimbing tepat dalam pembelajaran menganalisis sifat dan ragam teks naratif epikpada siswa kelas X IPA 3 SMA BPI 2 Bandung tahun pelajaran 2015/2016. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menganalisis sifat dan ragam teks naratif dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas X IPA 3 SMA BPI 2 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,74. 2. Siswa kelas X IPA 3 SMA BPI 2 Bandung mampu menganalisis sifat dan ragam teks naratif dengan menggunakan metode inkuiri. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretest 5,53 dan nilai rata-rata postest 72,4. Jadi selisih nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu 19,1. Bila di persentasikan selisih nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu 19,06%. Hasil ini membuktikan bahwa peserta didik kelas X IPA 3 di SMA BPI 2 Bandung dalam menganalisis sifat dan ragam teks naratif mengalami peningkatan. 3. Metode inkuiri tepat digunakan dalam pembelajaran menganalisis sifat dan ragam teks naratif. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik manual dengan hasil thitungsebesar 11.5, ttabel sebesar 2,04 pada tingkat kepercayaan 95%, dan d.b sebesar 30. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang telah penulis dalam penelitian ini dapat di terima.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Mar 2016 04:54
Last Modified: 28 Mar 2016 05:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1608

Actions (login required)

View Item View Item