MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE INKUIRI DENGAN ZAT ADITIF PADA MANUSIA Disusun untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Program Studi Biologi

KARTINA FITRIYANA, 105040117 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE INKUIRI DENGAN ZAT ADITIF PADA MANUSIA Disusun untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Program Studi Biologi. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SMP PASUNDAN 2 Bandung pada kelas VIII didapatkan informasi bahwa materi aditif pada makanan banyak disampaikan dengan melakukan ceramah artinya tanpa pengelompokan dan pengajaran diberikan untuk seluruh siswa dalam kelas sehingga siswa cenderung pasif selama proses pembelajaran. Oleh karena itu dicoba metode inkuiri yang dapat memberikan kesempatan bagi siswa saling memberi dan menerima gagasan serta saling melengkapi yang dimiliki, sehingga dituntut untul lebih aktif dalam selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian dilakukan dikelas VIII B SMP PASUNDAN 2 Bandung dengan jumlah siswa 40 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan belajar siswa menggunakan quasi eksperimen dengan desain one group pretest dan postest, sebelum dan sesudah pembelajaran yaitu penelitian yang diberikan dalam satu kelas tanpa menyertakan kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes objektif ( pilihan ganda ) sebanyak 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan rata – rata pretest sebesar 59,61 dan postest 80,76 setelah dilakukan penelitian pretest dan postest peneliti melanjutkan dengan uji t dan diperoleh dengan hasil t signifikan karena t hitung > t tabel yakni 100 > 2,62 . Dengan perkataan lain, pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri dapat memberi hasil lebih baik yang terlihat dari peningkatan rata - rata. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Metode Inkuiri, Hasil Belajar , Zat aditif, Quasi eksperimen

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Feb 2017 06:20
Last Modified: 03 Feb 2017 06:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15883

Actions (login required)

View Item View Item