PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI KAIDAH KEBAHASAAN PADA TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS X SMA NASIONAL BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

RINE RODISIN, 115030096 (2017) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI KAIDAH KEBAHASAAN PADA TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS X SMA NASIONAL BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Ind.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT Inggris.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Baru.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Baru.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text
BAB III Baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran mengidentifikasi berkaitan dengan membaca. Salah satunya yaitu membaca kaidah kebahasaan dalam teks eksposisi dengan menggunakan metode inkuiri. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran mengidentifikasi kaidah kebahasaan teks eksposisi dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas X SMA Nasional Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: 1) mampukah Penulis merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks eksposisi dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas X IIS 2 SMA Nasional Bandung?; 2) mampukah mengidentifikasi kaidah kebahasaan pada teks eksposisi dengan tepat?; dan efektifkah metode inkuiri digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks eksposisi pada siswa?. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran mengidentifikasi kaidah kebahasaan teks eksposisi dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas X SMA Nasional Bandung. 2) siswa kelas X SMA Nasional Bandung mampu mengidentifikasi kaidah kebahasaan. 3) Metode Pembelajaran efektif digunakan dalam pembelajaran menidenifikasi kaidah kebahasaan pada siswa kelas X SMA Nasional Bandung. a. Hal ini dibuktikan dengan hasil perencanaan dan pelaksanaan penilaian pembelajaran 3,8 yang termasuk kategori baik. b. siswa SMA nasional kelas X Bandung mampu mengidentifikasi aturan bahasa dengan menggunakan metode inkuiri. Hal ini dibuktikan dengan hasil pretes rata-rata skor 40 dan nilai rata-rata 81. Postes meningkat 41. c. Metode inquiri efektif dalam mengidentifikasi mempelajari aturan eksposisi teks bahasa di kelas X SMA Nasional Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung 2,06 t tabel dari 8,70 pada tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan (db) dari 42. Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan diterima. Kata kunci: kaidah kebahasaan, mengidentifikasi, metode inkuiri, pembelajaran, dan teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 02 Feb 2017 08:10
Last Modified: 02 Feb 2017 08:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15787

Actions (login required)

View Item View Item