GINA DWI FEBRIYANI, 095030082 (2017) PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DIORAMA PADA SISWA KELAS VII MTs NURUL FALAH CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover .pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indonesia.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak english.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (219kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (830kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
Menulis merupakan suatu keterampilan dalam mengungkapkan pikiran dan gagasan dalam bentuk tulisan. Salah satu kegiatan menulis adalah menulis kreatif puisi. Pembelajaran menulis kreatif puisi tercantum di dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) akan menjadi suatu pembelajaran yang efektif apabila didukung dengan metode dan media pembelajaran yang tepat. Untuk itu penulis mencoba melaksanakan pembelajaran menulis kreatif puisi dengan menggunakan media Diorama pada siswa MTs Nurul Falah Cimahi Untuk mengetahui masalah di atas, penulis mengadakan penelitian dengan rumusan masalah sebagai berikut. 1. Mampukah penulis melaksanakan pembelajaran menulis kreatif puisi dengan menggunakan media Diorama pada siswa VII MTs Nurul Falah Cimahi tahun pelajaran 2016/2017 2. Mampukah siswa kelas VII MTs Nurul Falah Cimahi menuliskan kreatif puisi 3. Efektifkah media Diorama digunakan dalam pembelajaran menulis kreatif puisi? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) penulis mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran menulis kreatif puisi dengan menggunakan media Diorama pada siswa kelas VII semester 2 MTs Nurul Falah Cimahi, (2) siswa kelas VII MTs Nurul Falah Cimahi mampu menulis kreatif puisi denan menggunakan media Diorama , dan (3) media Diorama efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran menulis kreatif puisi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimental) dan deskriptif analitik, sedangkan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah telaah pustaka, uji coba, teknik tes, dan teknik analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis kreatif puisi dengan menggunakan media Diorama pada siswa kelas VII MTs Nurul Falah Cimahi. Hal ini terbuktui nilai persiapan pembelajaran menulis kreatif puisi dengan menggunakan media Diorama yaitu 3,7 dan nilai pelaksanaan pembelajaran 3,5. 2. Siswa kelas VII MTs Nurul Falah mampu dalam menulis kreatif puisi dengan menggunakan media diorama. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretes yaitu 5,3 dan rata-rata postes 7,65. Terdapat peningkatan sebesar atau adanya peningkatan skor sebesar 2,35. 3. Media diorama efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran menulis kreatif puisi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung ≥ t tabel yaitu 4,25 ≥ 2,06. Dalam tingkat kepercayaan 95%, taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 29. Berdasarkan data dan analisis hasil evaluasi yang telah diuraikan di atas, maka disimpulkan bahwa ketiga hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 01 Feb 2017 06:46 |
Last Modified: | 01 Feb 2017 06:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15678 |
Actions (login required)
View Item |