LEONITA SUSTIARTY, 095030111 (2017) PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP POHON JARINGAN PADA SISWA KELAS X SMA MATHLAUL ANWAR BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK indo.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT inggris.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (593kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (854kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran keterampilan menulis adalah suatu keterampilan berbahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi tidak langsung dan suatu cara dalam mengungkapkan pikiran dan perasaan dalam tulisan. Dengan bertitik tolak pada uraian tersebut, penulis melakukan penelitian yang berkaitan pada keterampilan menulis dengan judul “Pembelajaran Menulis Cerita Pendek dengan Menggunakan Media Peta Konsep Pohon Jaringan pada Siswa Kelas X SMA Mathlaul Anwar Bandung”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan siswa kelas X SMA Mathlaul Anwar Bandung, dan ketepatan media peta konsep pohon jaringan dalam pembe-lajaran menulis cerpen. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan rancangan pretes dan postes. Variable dalam penelitian ini adalah variable bebas yaitu media peta konsep pohon jaringan dan variable terikat yaitu kemampuan menulis cerpen siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Mathlaul Anwar Bandung. Sampel penelitian adalah kelas XA. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis cerpen. Validitas instrument yang digunakan adalah validitas (hasil, proses, demokratis dan dialogis) dan uji reliabilitas (angket, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi foto). Berdasarkan pengolahan data penelitia yang telah peneliti lakukan, kesimpulan yang di ambil penulis adalah sebagai berikut: 1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis cerita pendek dengan menggunakan media peta konsep pohon jaringan pada siswa kelas X SMA Mathlaul Anwar Bandung. Hal ini dibuktikan oleh hasil penelitian guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMA Mathlaul Anwar Bandung, yakni untuk perencanaan pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 3,74 penulis mampu mengajarkan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media peta konsep pohon jaringan. 2) Siswa kelas X SMA Mathlaul Anwar Bandung mampu menulis cerita pendek dengan menggunakan media peta konsep pohon jaringan hal ini terbukti dari hasil pretes dengan rata-rata 7,01 dan hasil postes dengan rata-rata 8,5. Nilai tersebut termasuk kategori baik. Dengan demikian, siswa mampu menulis cerpen dengan menggunakan media peta konsep pohon jaringan dengan baik. 3) Media peta konsep pohon jaringan efektiv digunakan dalam pembelajaran menulis cerita pendek di kelas X SMA Mathlaul Anwar Bandung. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dan hasil perhitungan taraf signitifi-kan perbedaan dua mean pretes dan postes dengan thitung (13,9) > ttabel (2,14), dengan tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan 22. Artinya, pembela-jaran menulis cerpen dengan menggunakan media peta konsep pohon jaringan pada siswa kelas X SMA Mathlaul Anwar Bandung, berhasil dengan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 01 Feb 2017 04:40 |
Last Modified: | 01 Feb 2017 04:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15665 |
Actions (login required)
View Item |