Meri Andika Putra, 125030045 (2017) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKSEKSPOSISI BERFOKUS PADA STRUKTUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY PADA SISWA KELAS X SMAN 18 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI .pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA .pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK ENGGLISH.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI BAB 1.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI BAB 2.pdf Download (378kB) | Preview |
|
Text
SKRIPSI BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) |
||
Text
SKRIPSI BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
SKRIPSI BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Menulis merupakan salah satu aspek penting dalam proses memperoleh informasi. Metode Discovery merupakan cara menarik untuk menstimulasi penulisan yang aktif dan kreatif. Berkaitan dengan penjelasan di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian Pembelajaran Memproduksi Teks Eksposisi Berfokus pada Struktur dengan Menggu-nakan Metode Discovery pada Siswa Kelas X MIPA-4 SMA Negeri 18 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; (1) Apakah penulis mampu melak-sanakan kegiatan pembelajaran memproduksi teks eksposisi dengan menggunakan meto-de diskovery pada siswa kelas X SMA 18 Bandung tahun pelajaran 2016/2017? ; (2) Apakah siswa kelas X SMA 18 Bandung mampu memproduksi teks eksposisi de-ngan menggunakan metode diskovery? ; dan (3) efektifkah metode diskovery digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks ek-sposisi pada siswa kelas X SMA 18 Bandung tahun pelajaran 2016/2017? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks eksposisi berfokus pada struktur dengan menggunakan metode discovery pada siswa SMANegeri 18 Bandung.; (2) Siswa kelas X SMA Negeri 18 Bandung mampu memproduksi teks eksposisi sesuai de-ngan struktur teks eksposisi.. (3) Metode discovery efektif diterapkan dalam pembelajaran memproduksi teks eksposisi pada siswa SMA Negeri 18 Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Pre-Experimental Design jenis The One Group Pretest Posttest dengan teknik penelitian telaah pustaka, uji coba, tes, dan analisis. Adapun simpulannya sebagai berikut. Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran memproduksi teks eksposisi berfokus pada struktur dengan menggunakan metode discovery pada siswa kelas X SMA 18 Bandung. Hasil rata-rata nilai perencanaan dan pelaksanaan pem-belajaran sebesar 3,86 dan 3,65. Siswa kelas X MIP-4 SMA Negeri 18 Bandung mampu memproduksi teks eksposisi berfokus pada struktur dengan menggunakan metode discovery. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata pretes sebesar 0,74 dan nilai rata-rata postes sebesar 2,29, sedangkan selisih pretes dan postes yaitu sebesar 1,55. Metode discovery efektif digunakan untuk siswa kelas X SMA Negeri 18 Bandung dalam pembelajaran memproduksi teks eksposisi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil menunjukkan t_hitung > t_tabel, yakni 7,24 > 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 30. Hal ini membuktikan bahwa model think pair share efektif digunakan dalam pembelajaran membandingkan teks laporan hasil observasi dengan teks ekpo-sisi. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang pe-nulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran, Meproduksi, Teks Eksposisi, Metode Discovery.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 31 Jan 2017 02:32 |
Last Modified: | 31 Jan 2017 02:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15503 |
Actions (login required)
View Item |