Pembentukan Rute Truk Sampah Wilayah Bandung Timur dan Selatan Dengan Menggunakan Metode Clarke & Wright Di Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung.

JATMIKO AGUNG NUGROHO, 113010098 and Wahyu Katon, DS and Putri Mety Zalynda, DS (2017) Pembentukan Rute Truk Sampah Wilayah Bandung Timur dan Selatan Dengan Menggunakan Metode Clarke & Wright Di Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
COVER Miko.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Miko.pdf

Download (215kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Sampah merupakan permasalahan yang selalu berbanding lurus dengan bertambahnya/meningkatnya masyarakat disuatu kota, daerah, bahkan disuatu tempat terpencil sekalipun, hal ini yang menjadikan permasalahan sampah merupakan permasalahan yang kompleks. Terutama sistem pengangkutan sampah/manajemen logistik untuk mengatur rute truk sampah agar mendapatkan rute baru yang dimana rute baru ini digunakan untuk adanya perencanaan perpindahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) ke Legok Nangka yang berada di Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung. Untuk setiap kendaraan truk sampah direncanakan akan menuju Stasion Peralihan Antara (SPA) dimana terdapat 2 SPA Gede Bage dan SPA Leuwi Gajah, SPA yang akan digunakan untuk wilayah Bandung Timur dan Bandung Selatan adalah SPA Gede Bage. Sehingga rute baru yang akan disusun diilustrasikan sebagai berikut : Pool – TPS ke-1 – TPS ke-2 – TPS ke-3 – TPS ke-n – SPA Gede Bage – Pool, dengan menggunakan Model Vehicle Routing Problem (VRP) dan Metode yang dipilih adalah Metode Clarke & Wright Savings. Karena metode ini adalah sebuah metode yang sangat mendasar dari VRP sehingga metode Clarke & Wright dapat digunakan oleh penulis yang baru mempelajari tentang VRP, karakteristik dari metode Clarke & Wright ini sangat simple untuk melakukan pembuatan suatu rute baru atau bahkan melakukan perbaikan dari sebuah rute yang telah ada. Kata kunci : Sampah merupakan permasalahan, Vehicle Routing Problem (VRP), Clarke & Wright, Wilayah Bandung Selatan dan Wilayah Bandung Timur

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 31 Jan 2017 02:21
Last Modified: 31 Jan 2017 02:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15497

Actions (login required)

View Item View Item