PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MELALUI METODE DISKUSI DAN DEMONSTRASI PADA SISWA SMP

GINANJAR RACHMAN, 115040055 (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MELALUI METODE DISKUSI DAN DEMONSTRASI PADA SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia dengan menggunakan metode demonstrasi dan diskusi. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre Eksperimental Design dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cihampelas dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah 20 soal pilihan ganda yang disesuaikan dengan pencapaian indikator yang pembelajaran yang sudah diujicobakan sebelumnya, lembar observasi dan lembar angket. Setelah dilakukan penelitian pretest dan posttest peneliti melanjutkan analisis data dengan uji t dan diperoleh dengan hasil uji t signifikan karena > sebesar 75,08 > 2,76. Dengan demikian maka dapat disimpulkan penggunaan metode demonstrasi dan diskusi pada pembelajaran materi sistem pencernaan manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara nyata. Hasil penelitian nilai rata-rata indeks gain pretest sebesar 32,16 dan indeks gain posttest sebesar 78. Hasil indeks gain yaitu 0,68 tergolong tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran demonstrasi dan diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia. Kata Kunci: Metode Demonstrasi dan Diskusi, Hasil Belajar Siswa, Sistem Pencernaan Manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 30 Jan 2017 08:14
Last Modified: 30 Jan 2017 08:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15447

Actions (login required)

View Item View Item