ARIEP NUGRAHA, 125030130 (2017) PEMBELAJARAN MENGABSTRAKSI TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK CUTTING-GLUING PADA SISWA KELAS XI SMA NUGRAHA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK (BHS. INGGRIS).pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (344kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (677kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
Abstract
Mengabstraksi merupakan kegiatan penyajian secara singkat mengenai isi sebuah tulisan sehingga tulisan tersebut hanya tinggal berisi intisarinya saja. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengabstraksi teks cerpen yaitu dengan teknik pembelajaran Cuttinggluing. Rumusan masalah yang penulis ajukan: (1) Mampukah penulis merencana-kan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengabstraksi teks cerpen dengan menggunakan teknik Cutting-gluing?; (2) Mampukah siswa kelas XI SMA Nugraha Bandung mengabstraksi teks cerpen sesuai dengan struktur, ciri-ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan?; (3) Efektifkah teknik Cutting-gluing digunakan dalam mengabstraksi teks cerpen sesuai dengan struktur, ciri-ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengabstraksi teks cerpen menggunakan teknik Cutting-gluing, di kelas XI SMA Nugraha Bandung pada tahun ajaran 2016/2017; (2) Siswa kelas XI SMA Nugraha Bandung pada tahun pelajaran 2016/2017 mampu mengabstraksi teks cerpen sesuai dengan struktur, ciri-ciri ke-bahasaan, dan kaidah penulisan dengan tepat; (3) Teknik Cuttinggluing, efektif digunakan dalam pembelajaran mengabstraksi teks cerpen sesuai dengan struktur, ciri-ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan di kelas XI SMA Nugraha Bandung. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Adapun hasil penelitiannya adalah. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengabstraksi teks cerpen dengan menggunakan teknik Cutting-gluing di kelas XI IPA SMA Nugraha Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanakan pembelajaran sebesar 3,77. Kemampuan penulis termasuk ke dalam kategori sangat baik (A). 2. Peserta didik kelas XI IPA SMA Nugraha Bandung mampu mengabstraksi sesuai dengan struktur, ciri-ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretes yaitu 1,55, sedangkan nilai rata-rata postes 2,74. Jadi selisih nilai rata-rata pretes dan postes yaitu 1,18. 3. Teknik Cutting-gluing efektif digunakan dalam mengabstraksi teks cerpen sesuai dengan struktur, ciri-ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan siswa kelas XI IPA SMA Nugraha Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan taraf signifikan perbedaan dua mean antara pretes dengan nilai postes, diketahui thitung 64,15 > ttabel 26,35. Berdasarkan pemaparan di atas, dapat ditarik simpulan bahwa teknik Cutting-gluing efektif digunakan untuk pembelajaran mengabstraksi teks cerpen. Kata kunci: pembelajaran, mengabstraksi, teks cerpen, cutting-gluing.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 08:03 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 08:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15444 |
Actions (login required)
View Item |