YULIANA WALI ATE, 125060334 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN HEWAN DAN TUMBUHAN LANGKA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN Lengkong Besar 105/85 Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/2017 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa indonesia.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak_bahasa_sunda.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bing.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (224kB) | Preview |
|
Text
bab 4 siklus 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
||
Text
bab 4 siklus 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
||
Text
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
|
Text
daftar_pustaka_skripsi.pdf Download (45kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas III B SDN Lengkong Besar 105/85 Kota Bandung yang dilatarbelakangi dengan keadaan siswa yang kurang percaya diri dan hasil belajar yang masih di bawah KKM. Berdasarkan observasi yang dilakukan bahwa pembelajaran yang dilakukan sebelumnya bersifat Teacher Center dan cenderung monoton serta tidak melibatkan siswa sehingga siswa kurang berani untuk berpendapat. Desain penelitian ini menggunakan model PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Discovery Pada Subtema Pelestarian Hewan dan Tumbuhan Langka. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 3 pembelajaran pada setiap siklusnya. Pada tiap siklus mengalami peningkatan dibuktikan dengan pencapaian hasil nilai rata-rata siswa pada setiap siklus. Hasil belajar diantaranya pada ranah afektif siklus I nilai rata-rata sebesar 68% dan siklus II 87%, Ranah kognitif siklus I yaitu 74% dan siklus II 91%, dan psikomotor siklus I yaitu 65% dan siklus II 91%. Sikap percaya Diri siklus I yaitu 57% dan siklus II 87%. Adapun hambatan dalam menerapkan model pembelajaran Discovery adalah siswa tidak berani untuk ke depan. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan tersebut adalah memberi motivasi dan tidak menyebutkan kekurangan siswa tapi memuji sehingga anak tetap berani dan tidak minder. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Pembelajaran Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III B SDN Lengkong Besar 105/85 pada subtema Pelestarian Hewan dan Tumbuhan Langka. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery, Sikap Percaya Diri, Hasil Belajar, Hambatan dan Upaya
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 07:31 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 07:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15428 |
Actions (login required)
View Item |