UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Subtema Pemanfaatan Energi di Kelas IV SDN Tanjung Jaya 1 Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut)

SITI IRMA AMINI, 125060974 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Subtema Pemanfaatan Energi di Kelas IV SDN Tanjung Jaya 1 Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER .pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I KURTILAS.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan di SD Negeri Tanjung Jaya 1 Kabupaten Garut di temukan masalah dalam pembelajaran di kelas IV pada subtema pemanfaatan energi. Pada kenyataannya di lapangan guru masih menitikberatkan pembelajaran hanya pada ceramah dan menulis, sehingga siswa menjadi pasif dan motivasi belajarnya menjadi kurang, hal tersebut menyebabkan rendahnya minat belajar pada siswa dan rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut di atas peneliti tertarik untuk menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu menggunakan model discovery learning. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik pada subtema pemanfaatan energi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes. Hambatan utama yang terjadi yaitu selama pembelajaran kurang kondusif dan waktu pembelajaran kurang efisien dengan discovery learning. Di atasi dengan upaya yang di lakukan adalah mengelola kelas senyaman mungkin dan sekreatif mungkin agar siswa nyaman dalam belajar serta guru harus tepat waktu dalam menentukan pokok bahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh skor rata-rata sebesar 3,8 dengan persentase 77% perolehan tersebut meningkat pada siklus II menjadi 4,2 dengan persentase 84%. Dan hasil belajar siswa yang dilihat dari tiga aspek menunjukan hasil aspek afektif pada siklus I mendapatkan persentase sebesar 21% dan meningkat pada siklus II menjadi 96%, aspek kognitif pada siklus I memperoleh 57% dan siklus II memperoleh 92%, dan aspek psikomotor pada siklus I memperoleh 50% dan meningkat di siklus II 100%. Kesimpulan yang di peroleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV pada subtema pemanfaatan energi. Dengan demikian model discovery learning dapat di jadikan salah satu model pembelajaran untuk di terapkan dalam pembelajaran. Kata kunci : Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Hambatan, Upaya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 30 Jan 2017 07:09
Last Modified: 30 Jan 2017 07:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15420

Actions (login required)

View Item View Item