UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARANCOOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas IV SDN Ciherang Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

HERA HERYANI ROSADAH, 125060284 (2017) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARANCOOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas IV SDN Ciherang Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover-Hera.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia Hera.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris Hera.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA Hera.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Hera.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Hera.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III Hera.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB)
[img] Text
BAB IV Hera.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Hera.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
dftr pstaka.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tentang penerapan model cooperative learning tipe jigsaw pada pembelajaran IPS yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Ciherang Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah siswa tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran, dan pembelajaran berpusat pada guru (Theacher center)dan juga siswa dalam kegiatan belajar menjadi pasif. Model Cooperative Learning tipe jigsaw bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sehingga pembelajaran dapat tercapai.Metode yang digunakan ialah metode yang digunakan oleh (Anita Lie 2008: 70 ). Subjek tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Ciherang Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung yang berjumlah 40 orang . Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi dan wawancara. Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus, secara keseluruhan telah menunjukkan adanya peningkatan dari data awal proses pembelajaran. Data yang diperoleh pada rencana pelaksanan pembelajaran siklus I memperoleh persentase 29%, siklus II memperoleh persentase 90%. Sedangkan untuk lembar observasi kegiatan guru pada pembelajaran siklus I memperoleh persentase 34%, siklus II memperoleh persentase 95%. Adapun nilai hasil penelitian sikap aktivitas siswa pada pembelajaran siklus I memperoleh persentase 47,5% dan pembelajaran pada siklus II 90%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa sesudah pembelajaran siklus I memperoleh persentase 32,5%, pada siklus II memperoleh persentase 95%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Ciherang. Kata Kunci: Kata Kunci: Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw,Sikap Aktivitas Siswa, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 30 Jan 2017 05:02
Last Modified: 30 Jan 2017 05:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15386

Actions (login required)

View Item View Item