PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Taufiq Ramdani, NPM. 138060118 (2016) PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
138060118_Taufik Ramdani.docx

Download (74kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas di XII IPS 1 SMA Negeri 25 Garut melalui pembelajaran berbasis masalah. Peningkatan kemampuan memecahkan masalah matematika dapat diketahui dari proses pembelajaran dan dari hasil tes kemampuan memecahkan masalah pada setiap siklus. Selain itu tujuan pembelajaran matematika tidak saja pada asfek kognitif tetapi juga menyentuh pada aspek afektif dalam hal ini sikap siswa terhadap matematika itu sendiri. dalam hal, ini disebut disposisi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas di kelas XII IPS 1 SMA Negeri 25 Garut tahun pelajaran 2015/2016. Tindakan dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap akhir siklus, siswa diberikan tes kemampuan memecahkan masalah. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi pembelajaran, tes kemampuan memecahkan masalah yang telah dikonsultasikan dengan dosen, angket disposisi matematis, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah. Berdasarkan hasil observasi, kegiatan pembelajaran berbasis masalah terlaksana 55,90% pada siklus 1 dan 68,89% pada siklus 2 serta 78,96%. Dengan penerapan pembelajaran berbasis masalah, kemampuan memecahkan masalah matematika siswa meningkat sebesar 18,40% yaitu dari rata-rata nilai yang diperoleh pada siklus 1 60,00 menjadi 72,00 pada siklus 2 dan pada siklus 3 sebesar 78,40. Begitu juga pada setiap indikator mengalami peningkatan. Hasil analisis angket disposisi matematis diperoleh pada siklus 1,2 dan 3 diperoleh nilai berturut-turut 62.84%, 64.32%, and 66.32%. dengan kategori baik. Peningkatan juga terjadi pada jumlah siswa yang memperoleh disposisi matematis pada kategori sangat baik pada siklus 2 diperoleh 2 (dua) peserta didik dan pada siklus 3 sebanyak 3 (tiga) peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah berdampak pada disposisi matematis peserta didik. Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Memecahkan Masalah dan Disposisi Matematis.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 26 Mar 2016 04:36
Last Modified: 26 Mar 2016 04:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1510

Actions (login required)

View Item View Item