Analisis Tingkat Kematangan Proses Evaluasi Sistem Presensi Menggunakan Framework COBIT 4.1 (Studi kasus : Fakultas Teknik Universitas Pasundan)

REZA MAULIDA, 123040002 and Iwan Kurniawan, DS and Ferry Mulyanto, DS (2017) Analisis Tingkat Kematangan Proses Evaluasi Sistem Presensi Menggunakan Framework COBIT 4.1 (Studi kasus : Fakultas Teknik Universitas Pasundan). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Abstrak_123040002.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_dll_123040002.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1_123040002.pdf

Download (323kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Presensi merupakan suatu kegiatan atau rutinitas yang dilakukan oleh dosen, pegawai, dan mahasiswa untuk membuktikan dirinya hadir atau tidak hadir di suatu instansi dan melakukan kegiatan belajar mengajar maupun memberikan pelayanan di area FT UNPAS, presensi ini berkaitan dengan penerapan disiplin dan penentuan prestasi dari setiap individu. Bagi mahasiswa presensi merupakan hal yang sangat penting dimana nilai presentase kehadiran dapat menentukan lulus atau tidaknya mahasiswa tersebut. Penelitian ini membahas tentang kondisi tata kelola teknologi informasi di FT UNPAS khususnya pada sistem presensi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pihak FT UNPAS telah menerapkan tata kelola TI dengan baik terhadap proses evaluasi sistem presensi. sehingga dapat memberikan jaminan terhadap pengguna sistem secara maksimal. Dalam melakukan penelitian penulis memiliki beberapa tahapan yaitu mengidentifikasi masalah yang ada, menganalisis proses evaluasi sistem presensi dengan cara wawancara dan memberikan kuesioner yang berfokus pada domain ME (Monitoring and Evaluate) yang dikeluarkan oleh COBIT 4.1. Hasil dari penelitian ini merupakan rekomendasi perbaikan terhadap proses evaluasi sistem presensi di FT UNPAS dengan harapan dapat membantu pihak manajemen TI dalam mengembangkan proses evaluasi sistem presensi ke arah yang lebih baik. Kata kunci: Presensi, Tingkat Kematangan, Evaluasi, COBIT 4.1, Monitoring and Evalute

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 19 Jan 2017 01:44
Last Modified: 19 Jan 2017 01:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14611

Actions (login required)

View Item View Item