PENGEMBANGAN MODEL INSTRUMENPENILAIAN AUTENTIK BERORIENTASI PADA PENGUKURAN AKTIVITAS DAN KARAKTER SISWA SMPDALAM PEMBELAJARAN MEMPRODUKSITEKS DESKRIPSI

IIS MAISAH, NIM 148090014 (2017) PENGEMBANGAN MODEL INSTRUMENPENILAIAN AUTENTIK BERORIENTASI PADA PENGUKURAN AKTIVITAS DAN KARAKTER SISWA SMPDALAM PEMBELAJARAN MEMPRODUKSITEKS DESKRIPSI. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
JURNAL TESIS IBU.docx

Download (56kB)
[img] Text
CAVER.docx

Download (53kB)
[img] Text
JURNAL TESIS IBU.docx

Download (56kB)

Abstract

Iis Maisah. Pengembangan Model Instrumen Penilaian Autentik Berorientasi pada Pengukuran Aktivitas dan Karakter Siswa dalam Pembelajaran Memproduksi Teks Deskripsi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis, kurang baiknya aktivitas menulis, dan lemahnya karakter siswa selama proses pembelajaran memproduksi teks deskripsi. penyebab munculnya masalah ini karena penilaian autentik belum digunakan selama proses pembelajaran memproduksi teks deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan (1) pengembangan model instrumen penilaian autentik yang berorientasi pada aktivitas dan karakter siswa, (2) mengetahui proses penerapan model instrumen penilaian autentik dalam memproduksi teks deskripsi, (3) efektivitas model instrumen penilaian autentik untuk mengukur aktivitas dan karakter siswa dalam pembelajaran memproduksi teks deskripsi. Penelitian ini, menggunakanmetode campuran yang direlevansikan dengan metode penelitian dan pengembangan(R&D). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Katapang Kabupaten Bandung. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan nontes. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan teknik pengolahan data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data, disimpulkan bahwa model instrumen penilaian autentik terbukti efektif meningkatkan kemampuan memproduksi teks deskripsi, mengambangkan aktivitas belajar dan mengembangkan karakter siswa dalam pembelajaran memproduksi teks deskripsi. model yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa model instrumen penilaian proses dan penilaian hasil kerja siswa, yang didalamnya terintegrasi kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap berdasarkan Kurikulum 2013. Kata Kunci:Penilaian Autentik, Aktivitas Belajar, Karakter Siswa, teks deskripsi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 01 Feb 2017 07:35
Last Modified: 01 Feb 2017 07:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14551

Actions (login required)

View Item View Item