PENGARUH PELAKSANAAN AUDIT INTERNAL TERHADAP MANAJEMEN RISIKO (Suatu Studi Kasus Pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Bandung)

FUADY SOLIHIN, 114020222 (2016) PENGARUH PELAKSANAAN AUDIT INTERNAL TERHADAP MANAJEMEN RISIKO (Suatu Studi Kasus Pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
ABC.pdf

Download (729kB) | Preview
[img] Text
cover.docx

Download (29kB)

Abstract

ABSTRAK PT Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan salah satu perusahaan transportasi kereta api dan merupakan BUMN di Indonesia. Di dalam suatu perusahaan, manajemen menggunakan jasa auditor internal untuk meminimalisasikan risiko dari berbagai kejadian potensial yang akan menghambat kegiatan operasional perusahaan, misalnya risiko yang terdapat didalam laporan keuangan yang mengakibatkan kerugian, sehingga PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan suatu sistem manajemen risiko (Enterprice Risk Management) sebagai paradigma baru untuk menangani risiko. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan audit internal; bagaimana manajemen risiko; bagaimana pengaruh pelaksanaan auditb internal terhadap manajemen risiko pada PT Kereta Api Indonesia (persero) Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Data Primer diperoleh dari kuisoner dengan sampel dan populasi sebanyak 34 responden. Metode analisis data menggunakan penghitungan Korelasi Pearson, Regresi Linear Sederhana, Koefisien Determinasi, dan Uji t untuk melakukan pengujian dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 17.00. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang positif antara pelaksanaan audit internal terhadap manajemen risiko. Berdasarkan perhitungan korelasi Pearson sebesar 0,768 termasuk dalam kategori “Kuat”. Sedangkan koefisien determinasinya sebesar 0,590 atau 59,0% terhadap manajemen risiko. Adapun Uji t dengan taraf kesalahan 5%, diperoleh thitung untuk variabel X dan Y sebesar 6,790 dengan Ttabel sebesar 2,037 maka secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan audit internal terhadap manajamen risiko. Dari hasil kesimpulan di atas dapat dikatakan bahwa pelaksanaan audit internal pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah tergolong tinggi. Manajemen risiko pun telah tergolong sangat baik. Untuk meningkatkan pelaksanaan audit internal , maka auditor internal harus lebih teliti dalam mengaudit dan dilakukan sesuai dengan standar audit yang berlaku di PT Kereta Api Indonesia (Persero). Perusahaan perlu mengevaluasi dan memberikan pelatihan terhadapn auditor dalam meminimalisasikan risiko agar manajemen risiko dapat dikelola dengan baik. Kata Kunci : Pelaksanaan Audit Internal, Manajemen Risiko

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2011
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 16 Jan 2017 08:29
Last Modified: 16 Jan 2017 08:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14523

Actions (login required)

View Item View Item