PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015)

Riska Nur Sonia Ratnasari, 124020267 (2016) PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pergerakan harga saham searah dengan kinerja perusahaan, apabila perusahaan mempunyai prestasi yang semakin baik maka keuntungan yang dihasilkan dari operasi semakin besar. Salah satu kinerja perusahaan yang dapat memperlihatkan kondisi perusahaan baik atau buruk dan yang dapat mempengaruhi harga saham yaitu dengan Likuiditas (Current Ratio), Profitabilitas (Return On Asset), Solvabilitas (Debt to Equity Ratio), dan Ukuran Perusahaan (Total Asset). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, profitabilitas, solvabilitas, dan ukuran perusahaan secara parsial dan simultan terhadap harga saham pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif asosiatif. Sampel pada penelitian ini 30 Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi dan korelasi berganda dan uji hipotesis menggunakan uji parsial (uji-t), uji simultan (uji-F), dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa likuiditas, profitabilitas, solvabilitas, dan ukuran perusahaan secara parsial dan simultan berpengaruh positif terhadap harga saham pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Secara parsial, besarnya pengaruh likuiditas terhadap harga saham yaitu sebesar 11,7%, besarnya pengaruh profitabilitas terhadap harga saham yaitu sebesar 9,1%, besarnya pengaruh solvabilitas terhadap harga saham yaitu sebesar 8,6% dan besarnya pengaruh ukuran perusahaan terhadap harga saham yaitu sebesar 13,8%. Secara simultan, likuiditas, profitabilitas, solvabilitas, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap harga saham dengan kontribusi yang diberikan sebesar 31,9%, sedangkan sisanya 68,1% merupakan kontribusi dari variabel yang tidak diteliti seperti, membuka kantor cabang (branch office) dan kantor cabang pembantu (sub-branch office), baik yang dibuka di domestic maupun di luar negeri, penggantian direksi secara tiba-tiba, Kondisi makro dan mikro ekonomi, kinerja perusahaan yang terus mengalami penurunan dalam setiap waktunya, efek dari psikologi pasar yang ternyata mampu menekan kondisi teknikal jual beli saham yang tidak termasuk dalam variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Likuiditas, Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan, Harga Saham

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2012
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 24 Jan 2017 08:07
Last Modified: 24 Jan 2017 08:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14507

Actions (login required)

View Item View Item