PENGARUH REPUTASI UNDERWRITER DAN PROFITABILITAS TERHADAP UNDERPRICING SAHAM (Suatu Studi Pada Perusahaan IPO Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014)

Nina Tantri Damayanti, 124020110 (2016) PENGARUH REPUTASI UNDERWRITER DAN PROFITABILITAS TERHADAP UNDERPRICING SAHAM (Suatu Studi Pada Perusahaan IPO Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perusahaan dalam menjalankan usahanya tidak akan terlepas dari kegiatan ekspansi dalam rangka menaikkan pertumbuhan perusahaan dan menghadapi ketatnya persaingan bisnis. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut, perusahaan menjual saham ke publik untuk pertama kalinya atau yang disebut dengan Initai Pulic Offering (IPO). Pada saat pelaksanaan IPO, terdapat kecenderungan terjadinya underpricing. Penelitian ini bertujuan utnuk mengetahui faktor yang mempengaruhi underpricing ssaham perdana. Faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah reputasi underwriter dan profitabilitas. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 perusahaan yang melakukan Initial Public Offerings (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2011-2014. Teknik pemilihan sampel yaitu menggunakan metode purposive sampling. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda pada taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial reputasi underwriter dan profitabilitas berpengaruh negatif terhadap underpricing. Secara simultan atau secara bersama-sama kedua variabel tersebut juga menunjukkan pengaruh terhadap underpricing. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi tambahan bagi perusahaan yang akan melakukan Initial Public Offering (IPO) agar tingkat underpricing dapat diminimalisasi sehingga tidak akan mengakibatkan kerugian yang besar bagi perusahaan. Kata kunci: Reputasi Underwriter, Profitabilitas, Underpricing

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2012
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 13 Jan 2017 01:42
Last Modified: 13 Jan 2017 01:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14424

Actions (login required)

View Item View Item